Resto

Nyeleneh banget !! Rambutan digoreng jadi buah tangan khas Jambi

Halo para pecinta buah… Mari merapat guys !! Coba sebutkan buah apa saja yang bisa diolah dengan cara digoreng ! Mungkin sebagian besar dari kalian ada yang menjawab pisang, nangka, dan apel. Tapi, taukah kamu kalau ada satu jenis buah lain yang tengah viral karena diolah dengan digoreng lho… Buah ini adalah rambutan, hah kok ada sih rambutan goreng ? Jangan main-main guys, gini-gini rambutan goreng jadi oleh-oleh khas Jambi lho.

Viral aksi menggoreng rambutan

Rambutan goreng memanglah kuliner nyeleneh khas Indonesia. Persisnya rambutan goreng jadi buah tangan khas Jambi, berupa rambutan kering yang digoreng bersama tepung terigu.

Rambutan goreng. Foto: Instagram

Justru foto proses pembuatan rambutan goreng ini viral di linimasa warganet Malaysia baik dari media Facebook ataupun Twitter yang sudah diunggah berulang kali dan membuat netizen bertanya-tanya.

Meskipun kelihatan aneh dan absurd, ternyata rambutan goreng memang sudah lama jadi oleh-oleh khas Jambi. Di kota ini kamu juga akan menemukan beberapa oleh-oleh unik lainnya yang juga terbuat dari buah, seperti tempoyak durian, kue srikaya, dodol nanas, dan rambutan goreng ini.

Proses pembuatan rambutan goreng khas Jambi

Rambutan goreng ini dibuat dari serangkaian tahap yang harus dilalui. Pertama, rambutan yang sudah matang dan dipetik dari pohonnya harus dikupas hingga bersih. Kemudian, keluarkan biji rambutan hingga hanya menyisakan bagian dagingnya.

Lalu, keringkan daging buah rambutan hingga tidak mengandung air sama sekali, bisa dengan cara dijemur atau diserap menggunakan tisu ya guys. Setelah itu, buat adonan tepungnya yang terbuat dari campuran tepung terigu serba guna, vanili, gula, garam, dan air secukupnya.

Jika sudah tercampur rata, masukkan daging buah rambutan tadi dan urap hingga terbalur sempurna. Lalu, goreng rambutan  dengan minyak panas dan api sedang hingga matang dan berwarna coklat keemasan. Angkat, tiriskan, lalu sajikan di atas piring deh…

Ekonomis dan tahan lama

Warganet maupun wisatawan kota Jambi selalu bertanya-tanya bagimana rasa dari rambutan goreng ini ? Rambutan yang sudah digoreng akan menghasilkan tekstur garing dan renyah di bagian luarnya, sedangkan bagian dalamnya tetap terasa kenyal layaknya rambutan pada umumnya.

Menurut pemaparan mereka yang sudah pernah mencicipi rambutan goreng, kuliner ini ternyata memiliki rasa yang manis dan mirip seperti rasa buah kurma.

So, jangan ragu lagi untuk memborong oleh-oleh ini saat di Jambi ya… Biasanya rambutan goreng dikemas dan dijual kisaran 15.000-20.000 rupiah. Rambutan goreng ini bisa bertahan selama 6 bulan walaupun tanpa bahan pengawet ya guys, jadi cocok banget untuk jadi buah tangan deh…

Untuk ulasan kuliner inspiratif lainnya, silahkan follow Kulinear  (TCT)

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button