Traktir

Ogura cake ala Jepang super soft bisa didapat di Indonesia

Sahabat kulinear, ada oleh-oleh dari kota Batang yang jangan sampai dilewatkan. Oleh-oleh ini adalah cake manis dan super lembut namanya Ogura cake. camilan ini merupakan bolu keju lembut ala Jepang. Kalau di Jepang sering juga disebut dengan cheese cake yang super soft.

Sahabat Ogura cake komposisi utamanya adalah cream cheese dan perasa yang membuat aromanya semakin menonjol.
Adonan perasa teksturnya sangat lembut karena memakai campuran minyak goreng dan cream tartar.

Sedangkan cream cheese terbuat dari gula pasir dan cream keju. Selain itu, ada tambahan kuning telur, tepung terigu, dan minyak nabati. Tahukah kalian? Bahwa minyak nabati akan membuat cake lebih lembut dan halus. Sebagai alternatif jika kalian tidak punya, boleh kok menggantinya dengan mentega.

Ogura cake. Foto: Instagram

Menggunakan teknik Au Bain Marie

Ada teknik yang perlu kalian perhatikan saat membuat adonan perasa. Yakni sebelum loyang harus diberi air yang dipanaskan, teknik ini disebut au bain marie. Konsepnya hampir sama seperti kita mengukus dalam oven.

Kemudian kocok telur dengan cream tartar. Sahabat, cream tartar dalam pembuatan kue berfungsi sebagai pelembut. Hal ini karena ada campuran putih telur yang akan membuat adonan lebih mudah kempes. Nah, fungsi cream tartar disini akan membuat adonan tetap mengembang.
Setelah adonan cream cheese dan perasa sudah jadi. Lalu keduanya dicampur hingga merata.

Saat mengaduknya harus secara perlahan-lahan, agar adonan tidak kempes. Selanjutnya, tuangkan kedalam loyang dan masukkan pada oven yang sudah diberi air tadi, kira-kira selama 30 menit.
Sahabat kulinear, teknik Au Bain Marie adalah teknik yang menggabungkan proses mengukus dan memanggang.

Setelah adonan matang lalu keluarkan dan beri filling. Kemudian tuangkan sisa adonan lalu oven kembali selama 30 menit.
Teknik Au Bain Marie ini bisa kalian praktekkan di rumah. Karena teknik ini terbukti dapat menghasilkan kue dengan tekstur yang sangat lembut. Tekstur pada sisi kue juga tidak kering dan tetap lembab.

Nah, buat kalian yang suka makan kue tapi takut diabetes karena terlalu manis. Bisa cobain cake ala Jepang ini, karena rasanya tidak terlalu manis dan tidak membuat eneg ketika dimakan.

Ogura cake oleh-oleh kota Batang

Nggak usah jauh-jauh ke Jepang buat nyobain Ogura cake. Karena sekarang kalian juga bisa dapatkan di Indonesia yaitu kota Batang yaitu ada rasa keju dan cokelat. Walaupun kelihatannya mewah, namun oleh-oleh ini dibandrol dengan harga 60 ribuan saja.

Oh iya, saat membelinya usahakan langsung dimakan ya. Karena cake ini hanya bertahan selama 3 hari di suhu ruangan dan satu Minggu di dalam lemari es.

Untuk ulasan kuliner inspiratif lainnya, yuk follow Kulinear (TCT)

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button