Traktir

Olahan kentang paling populer, nomor 3 bisa jadi ide jualan

Kentang yang sering kita jumpai dan kosumsi ternyata menyimpan banyak sejarah di dalamnya. Terlebih, ratusan tahun yang lalu salah satu jenis umbi ini sudah dikenal banyak orang.

Mulanya, tumbuhan ini belum menyebar luas, tempat tumbuhnya juga sangat jarang, karena hanya tumbuh di daerah yang dingin saja. Kemudian merambah ke tempat sedang (subtropis) dan akhirnya sampai ke daerah beriklim panas.

Awalnya, tanaman ini berasal dari lembah-lembah dataran tinggi di Chili, Peru, dan Meksiko. Jenis tersebut diperkenalkan oleh bangsa Spanyol dari Peru ke Eropa sejak tahun 1565. Saat itulah, kentang terus menyebar ke negara-negara lain termasuk Indonesia.

Menurut catatan awal di Indonesia, tumbuhan ini mulai ada semenjak tahun 1794, dimulai dengan penanaman di sekitar Cimahi. saat itu, tumbuhan ini dapat ditemui di Priangan dan Gunung Tengger. Pada tahun 1812, kentang sudah dikenal bahkan dijual di Kedu. Sedangkan, di Sumatra tumbuhan ini dikenal setahun sebelumnya, yaitu tahun 1811.

Tanaman ini dapat tumbuh di pegunungan dengan ketinggian antara 1000 mdpl hingga 2000 mdpl, pada tanah humus. Tanah bekas letusan gunung berapi yang berstruktur remah lebih disukai.

Macam-macam olahan kentang

Ada banyak olahan makanan berbahan dasar kentang. Selain enak, umbi-umbian ini termasuk varian bahan baku yang sangat mudah dimasak. Berikut beberapa jenisnya.

Kentang goreng

Ilustrasi kentang goreng. Foto: Cookpad/Glow's Home Kitchen
Ilustrasi kentang goreng. Foto: Cookpad/Glow’s Home Kitchen

Kita mulai dari masakan yang paling mudah, kentang goreng merupakan camilan yang enak bila dihidangkan saat berkumpul dengan keluarga atau teman-teman.

Selain itu kamu juga bisa menambahkan saus atau mayonaise sebagai penambah rasa. Makanan ini bisa kamu beli di rumah makan atau restoran ternama.

Perkedel

Ilustrasi perkedel kentang. Foto: Cookpad/Susi Agung
Ilustrasi perkedel. Foto: Cookpad/Susi Agung

Perkedel termasuk salah satu makanan favorit masyarakat. Selain tahu dan tempe, kerap sajian  ini berada di meja makan karena mudah dibuat. Perkedel bisa menjadi makanan ringan untuk menemani aktivitas kamu.

Donat

Ilustrasi donat kentang. Foto: Cookpad/Andin
Ilustrasi donat. Foto: Cookpad/Andin

Camilan yang kerap dijual di kaki lima hingga restoran ini menjadi makanan favorit kekinian. Selain enak, donat kentang mempunyai tekstur yang lembut dan manis.

Adonan donat yang ditambahkan kentang kukus tumbuk akan membuat tekstur donat lebih renyah di luar namun empuk dan lembut di dalam. Selain itu donat juga bisa jadi ide bisnis online di masa PPKM seperti sekarang lho. (Nsa)

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button