Traktir

Piknik Ke Solo ? Kamu Jangan Lupa Cobain Kuliner Khasnya

Begitu banyak rekomendasi tempat wisata yang di tawarkan di Kota Solo Jawa Tengah. Selain tempat wisatanya yang menjadi tujuanmu tentunya kurang afdol jika kamu tidak mencicipi beberapa kuliner khas Solo. Nah berikut ini saya mempunyai rekomendasi kuliner khasnya yang bisa kamu tuju.

Brambang Asem Khas Solo

Rekomendasi pertama yang wajib kamu cobain adalah brambang asem khas dari Solo. Brambang asem merupakan kuliner yang sudah ada pada tempo dulu di Solo dimana kuliner ini berbahan dasar daun ubi jalar yang di sajikan dengan tempe gembus beserta sambal. Brambang asem ini cocok dijadikan cemilan, namun banyak orang juga yang menjadikan brambang asem ini sebagai lauk. Kalau kamu penasaran dengan brambang asem ini kamu bisa datang ke Yu Sum (Pasar Gede) di Pasar Gede Hardjonagoro, Jl. Jend. Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Jebres, Solo.

Selat Solo Khas Solo

Rekomendasi kuliner yang selanjutnya yaitu selat solo, selat solo merupakan kuliner yang terkenal akan kelezatannya. Kuliner selat solo disajikan dengan cacahan daging dan beberapa macam sayuran seperti wortel, tomat, dan buncis yang kemudian ditambah dengan acar bawang goreng, kentang, telur, bistik, dan sayur mayones. Selat khas solo ini sangat cocok ketika di makan di sore hari atau makan malam. Kalau kamu penasaran dengan cita rasa selat solo ini kamu bisa datang ke warung selat mbak Lies di Jl. Veteran Gang 2 No. 42 Serengan Solo.

Timlo Khas Solo

Timlo merupakan kuliner khas Solo selanjutnya yang wajib kamu cobain. Masakan ini kuliner yang terinspirasi dari sup matahari yang tidak kalah lezatnya. Padu padan bahan yang digunakan untuk membuat timlo yaitu daging ayam, telur rebus, sosis, tahu, wortel, dan mie  soun yang diolah dengan direbus lalu diguyur dengan kuah khasnya serta ditambah dengan bahan – bahan tertentu untuk menunjang kelezatan dari timlo ini. Kalau kamu penasaran dengan kuliner timlo, kamu dapat mendapatkannya di  rumah makan timlo Solo Pak Sastro di Jl. Kapten Mulyadi Nomer 8 Sudiroprajan, Jebres, Solo.

Sate Buntel Khas Solo

Kuliner khas Solo selanjutnya yaitu sate buntel, sate buntel ini usut punya usut kuliner yang disukai presiden Indonesia kedua Bapak Soeharto dan presiden sekarang Bapak Jokowi. Mendengar saja membuat kita penasaran bukan, seenak apa sih sate buntel khas Solo ini sehingga orang berpengaruh di Indonesia sangat menyukainya. Sate yang terbuat dari daging kambing ini dicacah kemudian di lapisi lemak lalu di bakar sehingga menimbulkan aroma yang khas. Bumbu – bumbu untuk membuat sate buntel ini juga sangat berpengaruh untuk membuat sate buntel ini guna memperoleh cita rasa yang lezat dan nikmat. Kalau kamu penasaran dengan sate buntel ini kamu bisa datang nih ke Jl. Ki Mangun Sarkoro Nomer 112, Sumber Banjarsari Solo dijamin ketagihannya deh.

Tengkleng Khas Solo

Tengkleng merupakan kuliner yang sangat gurih dan terkenal akan kelezatannya. Masakan ini merupakan kuliner khas Solo yang memiliki cerita sejarah dibaliknya. Ternyata tengkleng merupakan hasil kreasi orang Solo ketika menghadapi masa penjajahan yang kala itu sangat sulit untuk mencari bahan pangan. Oleh karena itu, mereka membuat kreasi makanan yang kita kenal hingga saat ini bernama tengkleng untuk bertahan hidup.

Untuk mencoba tengkleng yang terkenal di Solo kamu harus datang ke tengkleng Bu Edi yang berlokasi di Pasar Klewer Solo, Jl Doktor Radjiman Pasar Kliwon Gajahan Solo. Buruan cobain nih, selain dapat mencicipi kuliner, kamu juga bisa berbelanja di pasar Kliwonnya.

Untuk ide kuliner inspiratif lainnya, silahkan follow Kulinear (TCT)

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button