Resep

Resep ayam lodho Gurih pedas khas Trenggalek, dijamin bikin ngiler!

Kalau lagi ke Trenggalek gak boleh kelewatan buat menyantap ayam lodho. Sekilas kuliner ini mirip dengan opor ayam tapi, ayam lodho memiliki citarasa asam dan pedas. Biasanya sih, ayam lodho disajikan oleh masyarakat Trenggalek dalam acara syukuran, upacara adat atau buah tangan. Wajib dicoba, deh.
Tapi kalau terlalu jauh buat ke Trenggalek, sini aku kasih tahu cara bikinnya.

Resep ayam lodho

Bahan-bahan :

  • 1 ekor ayam kampung
  • Santan dari 1 butir kelapa
  • 10 buah bawang merah
  • 10 siung bawang putih
  • 3 ruas jari kunyit
  • 2 ruas jari jahe
  • 1 ruas jari kencur
  • 2 cabai merah keriting
  • 2 sdt garam

Bumbu halus

  • 1 sdm ketumbar butir
  • 1 sdt jintan
  • 100 gr cabai rawit
  • 3 cm lengkuas
  • 3 batang serai
  • 2 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk purut

Cara memasak

https://www.instagram.com/p/CAncIahj2Xl/?utm_medium=share_sheet
  1. Ayam kampung gak perlu dipotong-potong, setelah dicuci tusuk dengan bambu, kemudian ayam diasapi selama ½ jam. Nah ini yang yang buat beda ayam lodho dengan opor ayam.
  2. Ketika diasapi ayam gak perlu diberi bumbu, aroma asap akan tercipta setelah dibakar hmm harum.
  3. Jangan lupa ayam dibolak-balik supaya sisinya terasapi secara merata, warna ayamnya cantik banget menggugah selera gak tuh.
  4. Kalau ayam sudah berwarna gelap, lalu angkat dari panggangan. Sekarang kita olah bumbunya ya, uleg cabai rawit, ketumbar, garam, merica dan kemiri, bawang putih dan bawang merah, kunyit dan kencur.
  5. Ayam yang telah dipanggang harus direbus kembali supaya daging matang sekitar 20 menit.
  6. Tumis irisan cabai merah sesuai selera, lalu uleg sampai halus bersama bumbu tadi. Proses ini akan menjadikan kuah ayam lodho semakin merah.
  7. Kemudian, geprek jahe dan lengkuas, iris-iris tomat, siapkan juga daun salam, daun jeruk dan sereh.
  8. Selanjutnya tumis bumbu halus, kemudian masukkan santan sambil diaduk hingga tercampur rata.
  9. Kemudian masukkan ayam, sambil disiram dengan kuahnya ya.
  10. Setelah dimasak selama 20 menit, angkat deh lalu pisahkan ayam dengan kuahnya.

Yummy… rasanya lezat, aroma khas asapnya dan bumbunya kerasa banget.
Oh iya, sedikit info nih lodho berarti empuk sampai dagingnya terlepas dari tulang. Jadi, nggak heran kalau tekstur dagingnya lembut banget.
Untuk 1 resep diatas dapat disajikan buat 6 orang.

Demikianlah resep ayam lodho masakan khas Trenggalek. Untuk ulasan kuliner inspiratif lainnya, silahkan follow Kulinear  (TCT)

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button