Resep

Resep oseng mercon khas Jogja, pedas meledak di mulut sekali suap

Penggila pedas pasti sudah akrab dengan oseng mercon yang melegenda ini. Memang saking pedasnya kuliner ini diberi nama oseng-oseng mercon. Mercon adalah petasan dalam bahasa Jawa. Nikmatnya oseng-oseng mercon gak Cuma cabai doang. Bagian koyor-koyor sapi ini yang membuat oseng-oseng mercon lezat dan istimewa.

Proses memasak oseng – oseng mercon ini dibuat sejak siang hari, kemudian dijajakan ke pelanggan pada malam hari. Di daerah Kauman jogjakarta warung mercon Bu Narti udah eksis sejak tahun 1998, dari warung sederhana inilah kuliner dengan embel – embel mercon mulai populer di tanah air.

Sensasi pedas jadi daya tarik

Sensasi rasa pedas yang meledak di mulut jadi daya tarik. Semakin pedas rasanya, semakin nagih dan bikin penasaran, begitu deh katanya. Pengunjung harus mengunyah dengan cepat sebelum rasa pedas semakin menggigit, makannya gak bisa santai haha.

Inovasi oseng mercon kemasan kalengan


Sekarang oseng – oseng mercon muncul inovasi, biar bisa dinikmati oleh siapapun dan kapanpun. Yaitu dengan kemasan dalam bentuk kalengan. Proses pengalengan oseng – oseng mercon sangat terjaga kualitasnya. supaya steril dan layak konsumsi, kebersihan pengalengan sangat di perhatikan.

Oseng mercon. foto: Instagram


Dengan suhu pemanasan kaleng 70 – 100 derajat Celcius. Setelah di isi dengan oseng mercon yang sudah matang, timbang supaya beratnya seragam. Kaleng yang sudah ditutup rapat, harus dipanaskan kembali dengan suhu 121 – 125 derajat Celcius selama 30 menit. Kalau sudah dingin, oseng – oseng mercon kaleng harus di karantina selama 10 hari sebelum dipasarkan.

Gak usah ragu lagi deh, walaupun isinya kuliner tradisional tapi proses penanganannya sangat profesional. Mantap banget nih oseng merconnya.
Yaudah, sekarang waktunya kita buat dirumah, begini resep oseng – oseng mercon.

Resep oseng mercon

Bahan – bahan

  • 250 gram koyor sapi
  • 200 gram daging tetelan sapi
  • 2 iris lengkuas
  • 2 lembar daun salam
  • Garam dan kecap manis secukupnya
  • 2 batang sereh
  • 2 buah gula merah

Bumbu halus :

  • 150 gram cabai rawit
  • 150 gram cabai merah
  • 8 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 5 cm jahe

Cara memasak :

  1. Cuci dan Potong daging kecil- kecil, lalu rebus
  2. Potongan daging koyor lanjut ditumis dalam bumbu halus beserta daun salam, serai, dan lengkuas.
  3. Masukkan kecap, gula merah, dan garam secukupnya
  4. Oseng-oseng mercon siap disajikan. Selamat mencoba

Untuk ulasan kuliner inspiratif lainnya, silahkan follow Kulinear  (TCT)

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button