Resep

Resep rujak mangga muda Boncabe yang viral di Tiktok, cuma 3 bahan bikinnya 5 menit

Resep rujak mangga muda Boncabe ini viral dan sering direcook para pecinta kuliner.

Sensasi makan buah kecut yang dicocol sambal gula merah manis pedas selalu jadi pilihan pecinta kuliner. Yup, rujak kerap digemari sebagai makanan pencuci mulut.

Cita rasa segar, manis, masam, dan pedas yang hadir secara bersamaan bikin para pecinta kuliner ‘merem melek’.

Rujak yang kita kenal selama ini terdiri dari berbagai macam buah seperti nanas, kedongdong, bengkuang, jambu, manga muda, hingga pepaya muda yang dipotong-potong dan disiram atau dicocol dengan gula merah yang sudah diuleg bersama cabai (terkadang ditambahi kacang tanah, dan petis).

Punya banyak penggemar, membuat inovasi rujak terus berkembang. Baru-baru ini viral di media sosial resep bikin rujak mangga muda dengan bumbu cabe bubuk.

Resep ini mirip banget dengan resep rujak bumbu Bangkok, hanya saja bubuk cabe yang digunakan merupakan merek boncabe yang punya berbagai varian level. Cara membuatnya sama sekali tak rumit dan cuma butuh 3 bahan. Berikut ini kami rangkum resep rujak boncabe buat kamu dari laman instagram Yotubeviral.

Rujak Bangkok foto: Instagram

Resep Rujak Mangga Boncabe

Resep ini viral di TikTok dan membuatnya hanya butuh 3 bahan
Persiapan 5 mins
Waktu Memasak 3 mins
Course Dessert
Cuisine Indonesian
Porsi 2 Orang

Bahan-bahan
  

  • 1 Buah mangga muda
  • Gula pasir secukupnya
  • Boncabe secukupnya

Cara Membuat
 

  • Potong-potong mangga muda
  • Tambahkan gula pasir
  • Tambahkan boncabe
  • Kocok semua bahan dengan menggunakan wadah tertutup
  • Rujak mangga muda boncabe siap disantap

Tips resep rujak mangga muda boncabe

Ada dua cara mengonsumsi rujak kekinian ini. Cara kedua kamu enggak perlu pakai boncabe, melainkan dengan cabe merah segar yang diulek dengan gula pasir lalu ditaburkan ke mangga muda yang sudah dipotong-potong.

Rujak sudah ada di Indonesia sejak abad ke-10

Kuliner rujak ternyata punya sejarah tersendiri. Dilansir dari CNN Indonesia, Sejarawan Universitas Padjajaran (UNPAD) Bandung, Fadly Rahman mengatakan bahwa secara etimologi kata rujak merupakan turunan dari kata Rurujak yang ditemukan di dalam naskah teks Prasasti Jawa Kuno di masa abad ke 10.

Ketika itu menu rujak dianggap sebagai makanan para bangsawaan, hal itu lataran bentuknya yang menyerupai salad orang-orang Eropa.

Rujak buah foto: Istimewa
Rujak buah foto: Istimewa.

Lalu seiring berjalannya waktu, rujak mulai menyebar ke berbagai daerah di Indonesia dan komposisinya berkembang menyesuaikan dengan kondisi pangan di setiap daerah.

Misalnya seperti di daerah Jawa Timur, terkenal dengan Rujak Cingurnya yang berbahan dasar daging moncong sapi matang dan dicampur dengan sayur, buah, tempe goreng, dan tahu goreng yang sudah dipotong dadu.

Kemudian, di Bali populer dengan Rujak Bulung, yaitu rumput laut matang dicampur bumbu khas dan disiram dengan kuah pindang.

Sedangkan di Aceh, ada Rujak u groeh yang ciri khasnya menggunakan potongan batok kelapa muda sebagai bahan utamanya, lalu disiram dengan bumbu lezat campuran dari gula merah, cabai, tepung roti, dan perasan jeruk nipis.

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recipe Rating




Back to top button