Resep simpel Ikan tude bakar dan sambal dabu-dabu khas Manado

- Kamis, 22 Juli 2021 | 08:00 WIB
liliksupriyadi_20210721_0
liliksupriyadi_20210721_0


Hallo Sahabat kulinear, kalian udah pernah ke Manado? kalau pernah, pasti tau dong makanan laut satu ini. Yaps namanya ikan tude bakar khas Manado. Jangan salah ya walaupun kelihatannya sederhana tapi coba dulu rasanya, enak banget kok.





Ikan Tude Manado, Terkenal dan banyak kandungan gizi





-
ikan tude Manado, foto: Instagram




Istilah ikan tude adalah sebutan untuk ikan kembung di Manado. Namun, belum diketahui jelas asal nama dari ikan tude. Nah, olahan yang lezat dari ikan tude adalah ketika dimasak menjadi ikan tude bakar, cocok disajikan dengan tumis kangkung, dan sambal dabu-dabu.





Walaupun ikan tude atau kembung ukurannya kecil, tapi ternyata ikan ini kaya akan gizi dibandingkan ikan salmon lho. Ikan tude memiliki kandungan protein, omega 3, vitamin B 6, vitamin B 12, fosfor, vitamin B 2, dan masih banyak lagi.





Sahabat kulinear, ikan tude di Manado terkenal banget lhoh. Apalagi warung makan yang menyajikan menu ini tidak pernah sepi pengunjung, baik lokal maupun wisatawan. Warung makan paling ramai saat jam makan siang atau weekend, jadi datang lebih awal ya, biar kebagian tempat nih hehe. Gimana udah ngiler ya? yaudah yuk langsung saja simak resep ikan tude bakar khas Manado.





Resep ikan tude bakar :





Bahan-bahan :





  • 2 ekor ikan tude
  • 1 buah jeruk nipis
  • Alat pembakar




Cara memasak :





  1. Bersihkan ikan tude
  2. Rendam ikan dengan air perasan jeruk nipis selama 10-15 menit
  3. Lalu bakar ikan tude, sambil olesi minyak sedikit.
  4. Ikan tude siap disajikan.




Resep sambal dabu-dabu :





Bahan-bahan :





  • 5 Cabai rawit orange
  • 3 cabai rawit hijau
  • 1 buah tomat merah dan hijau
  • 3 buah bawang merah
  • 1 sdm perasaan jeruk nipis
  • Garam dan penyedap rasa secukupnya




Cara memasak :





  1. Cuci bersih semua bahan
  2. Potong kecil-kecil semua bahan
  3. Lalu tambahkan garam dan penyedap rasa
  4. Panaskan minyak secukupnya
  5. Lalu siramkan minyak panas pada sambal dabu-dabunya
  6. Sambal dabu-dabu sudah siap




1 porsi ikan tude bakar lengkap dengan nasi putih, sambal dabu-dabu dan tumis kangkung harganya cuma 40 ribu rupiah saja. Sedangkan tumis kangkung, penulis yakin deh semua bisa masaknya.

Halaman:

Editor: Putri Dea Nabil Latifah - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Lapek Bugis, Legitnya camilan lintas suku Indonesia

Senin, 4 Oktober 2021 | 23:19 WIB

Resep bandeng Pucung khas Bekasi yang seru dicoba

Kamis, 30 September 2021 | 17:00 WIB

Telur dadar bumbu kare yang cocok untuk anak kos

Kamis, 30 September 2021 | 17:00 WIB

Tempe terik campur tahu dan ayam yang menggoda selera

Rabu, 29 September 2021 | 15:41 WIB

Mie goreng seafood dan tambahan frozen food

Rabu, 29 September 2021 | 11:53 WIB

Ayam masak paprika yang lezat dan gurih buat nambah terus

Selasa, 28 September 2021 | 21:45 WIB

Resep gulali yang sedang viral berkat Squid Game

Selasa, 28 September 2021 | 15:28 WIB

Cumi crispy cocol saus sambal madu jadi hidangan rebutan

Minggu, 26 September 2021 | 17:00 WIB

Resep wedang secang dengan campuran jahe merah

Minggu, 26 September 2021 | 16:11 WIB

Telur ceplok kecap pedas yang sederhana dan nikmat

Minggu, 26 September 2021 | 07:00 WIB

Corndog Mozarella camilan hits yang ada di drama korea

Jumat, 24 September 2021 | 12:00 WIB
X