Penyebab bibir hitam dan cara atasinya

- Sabtu, 24 Desember 2022 | 19:44 WIB
Penyebab bibir hitam dan cara atasinya (Unsplash)
Penyebab bibir hitam dan cara atasinya (Unsplash)

Kulinear.ID - Merawat diri bukan hanya sebatas bagian badan dan wajah saja. Ada beberapa bagian tubuh yang juga perlu perawatan khusus agar lebih sehat dan terlihat indah, salah satunya adalah bibir. Hampir setiap orang lahir dengan warna bibir alami, ada yang memang kemerahan, pink, dan ada juga yang terlahir dengan warna bibir agak gelap.

Namun, jika bibir Anda awalnya berwarna terang dan sekarang justru kehitaman, mungkin Anda perlu perawatan khusus untuk bibir. Banyak faktor yang menyebabkan bibir menghitam, bisa dari pola hidup tidak sehat, kebiasaan buruk seperti merokok, hingga sel kulit mati menumpuk di area bibir.

Apakah hanya itu? Tentu saja tidak, masih ada banyak hal yang menyebabkan bibir hitam. Untuk mengetahui penyebab bibir hitam dan cara mengatasi hal tersebut, Anda bisa baca artikel ini sampai tuntas.

Penyebab bibir hitam dan cara atasi

Penyebab bibir hitam dan cara atasinya (Unsplash)

Sebelum masuk ke pembahasan cara mengatasi bibir yang menghitam, berikut adalah beberapa hal yang membuat bibir berubah menjadi hitam.

Baca Juga: Jadi pengusaha kuliner sukses, asah skill dan ikuti kompetisi dari Kemenpora berhadiah total ratusan juta

  • Kebiasaan merokok menjadi salah satu penyebab bibir hitam. Rokok memiliki kandungan nikotin dan benzopyrene sehingga bisa memproduksi melanin pada kulit. Dengan begitu, lama kelamaan bibir pun menjadi kering dan menghitam.
  • Terlalu sering terkena sinar matahari secara langsung juga bisa mengubah warna bibir alami. Untuk itu, Anda perlu melindungi bibir dari paparan sinar matahari dengan krim khusus, seperti Drunk Elephants Skincare.
  • Mengonsumsi kafein yang berlebihan adalah salah satu penyebab bibir menjadi hitam. Pasalnya, kafein bisa membuat Anda dehidrasi. Alhasil, ia bisa membuat bibir kering dan pecah-pecah. Akhirnya, warna bibir pun bisa mengalami perubahan.

Setidaknya, tiga hal di atas adalah faktor yang sering terjadi di keseharian kita. Selain menghindari ketiga hal tersebut, Anda juga bisa mengantisipasi bibir hitam dengan cara-cara berikut ini:

Baca Juga: Daftar makanan sehat yang efektif turunkan kadar kolesterol dalam darah

  1. Lakukan eksfoliasi bibir secara rutin, misalnya dengan mengoleskan lip balm saat malam hari. Kemudian, saat bangun pagi maka Anda bisa membasuh bibir menggunakan kain basah. Boleh juga sikat bibir secara perlahan untuk mengangkat sel kulit mati.
  2.  Penuhi kebutuhan air dengan minum air putih yang cukup, dan pastikan kurangi mengkonsumsi kafein berlebihan. Seperti yang disebut sebelumnya, bibir hitam bisa jadi karena dehidrasi, dan salah satu penyebab dehidrasi adalah mengonsumsi kafein berlebihan.
  3. Gunakan produk pelembab bibir dengan kandungan SPF yang sesuai. Gunanya adalah untuk melindungi bibir dari paparan sinar matahari yang berlebih.
  4. Jangan lupa untuk rajin membersihkan makeup sebelum tidur. Dengan mengusap bibir saat membersihkan sisa makeup, hal tersebut bisa sedikit mengangkat sel kulit mati dan tidak menumpuk kotoran di permukaan bibir.

Sebenarnya cukup mudah merawat bibir asalkan dilakukan secara rutin. Jangan lupa, maksimalkan juga dengan menggunakan produk perawatan bibir yang tepat. Jika Anda kebingungan mencari produk yang bagus untuk mengembalikan kecerahan warna bibir, coba pakai Drunk Elephants Skincare.

Halaman:

Editor: Dion Yudhantama

Tags

Terkini

Penyebab bibir hitam dan cara atasinya

Sabtu, 24 Desember 2022 | 19:44 WIB

Lapek Bugis, Legitnya camilan lintas suku Indonesia

Senin, 4 Oktober 2021 | 23:19 WIB
X