Makanan kukus yang sehat dan mudah dibuat sendiri

- Kamis, 17 Juni 2021 | 16:00 WIB
193220284_839040043662906_5262100779795700819_n
193220284_839040043662906_5262100779795700819_n


Semua makanan yang dikukus lebih baik daripada makanan yang digoreng. Mengkonsumsi setiap hari makanan kukusan dapat membuat tubuh sehat, karena kandungan vitamin yang ada di dalam makanan kukus lebih sedikit rusak dibandingkan cara memasak lainnya. Tidak selamanya makanan kukus yang terkesan sehat punya rasa yang tidak enak. Kamu bisa menggunakan bermacam-macam bumbu yang lengkap untuk membuat makanannya menjadi nikmat. Contoh makanan kukus yang sehat dapat kamu ketahui di bawah ini.





Garang asem





Masakan tradisional Indonesia bernama garang asem memang dimasak dengan cara dikukus. Hasil masakan juga nikmat berkat kandungan bumbu yang ada di dalamnya. Bermacam-macam bumbu yang dipakai untuk memasak garang asem yakni cabai, bawang putih, santan, bawang merah, belimbing wuluh, dan lain sebagainya. Semua bumbu garang asem memiliki cita rasa yang berbeda-beda dan kandungan yang berguna bagi tubuh. Sedangkan isian dapat berupa tahu ataupun ayam. Tidak ada salahnya juga menggunakan ikan laut sebagai isian garang asem.





-
Garang asem. Foto: Instagram




Otak-otak





Makanan lainnya yang juga sehat bagi tubuh dan dimasak dengan cara dikukus adalah otak-otak. Makanan tersebut punya tekstur yang emouk dan rasanya gurih. Makanan ini paling pas kalau dicocol bersama dengan saus sambal maupun saus kacang. Cara membuatnya juga mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan seperti ikan tengiri, garam, santan, bawang putih, gula pasir, dan tepung sagu. Semua bahan tersebut bisa kamu cari dengan mudah di pasar tradisional maupun supermarket. Jika kamu membuatnya sendiri, maka di dalamnya tidak perlu terdapat kandungan pengawet. Mengkonsumsi makanan buatan sendiri yang dikukus akan jauh lebih sehat daripada beli yang instan dan sudah jadi.





-
Otak-otak. Foto: Unsplash




Makanan kukus, Siomay





-
siomay ikan. Foto: Unsplash




Makanan kukus enak yang dapat kamu coba lainnya adalah siomay. Kuliner ini terbuat dari ikan tenggiri yang dicampur dengan tepung secara khusus. Kemudian dimasak dengan cara dikukus dan penyajiannya bersama dengan tahu, telur, dan kentang yang semuanya itu juga dikukus. Bagi yang sedang diet kamu bisa mengurangi kandungan tepung dan memperbanyak bahan ikan. Siomay dapat kamu konsumsi sebagai salah satu alternatif makanan kukusan bila sedang menghindari makanan digoreng. (TCT)


Editor: Herdiana Prasetyaningrum - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Kue lapis khas Indonesia yang patut menjadi kebanggaan

Rabu, 29 September 2021 | 13:08 WIB

Ayam masak cabai hijau yang cocok untuk makan ramai-ramai

Selasa, 28 September 2021 | 22:00 WIB

Soto Pekanbaru, Soto gurih berkelas hotel

Senin, 27 September 2021 | 17:09 WIB

Bubur Kampiun Khas Padang, yang punya makna mendalam

Senin, 27 September 2021 | 06:00 WIB

Peralatan masak yang cute bikin ketagihan ada di dapur

Sabtu, 25 September 2021 | 13:24 WIB

Restoran di Vietnam yang halal dan lezat disantap

Sabtu, 25 September 2021 | 11:05 WIB
X