Sayur santan yang praktis dan enak untuk dibuat

- Minggu, 8 Agustus 2021 | 21:15 WIB
Lodeh foto: EdenFam
Lodeh foto: EdenFam


Ciri khas dari masakan Indonesia adalah sangat beragam. Kreasi tersebut ada yang menggunakan santan sebagai bahan untuk membuat kuah suatu masakan. Sedangkan isi yang ada di dalam kuah tersebut bisa berupa sayur dan lauk. Lauk yang dimaksud bisa berupa seafood maupun daging. Setiap masakan yang bersantan pasti terasa lebih gurih. Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia menyukainya. Proses pembuatan juga tidak rumit. Tidak lagi perlu untuk memeras santan repot-repot. Banyak penjual santan yang memiliki mesin pemerah otomatis. Nama sayur kuah santan bisa kamu simak langsung yuk.





Sayur labu siam masak santan





Sayur bersantan yang banyak dibuat masyarakat adalah labu siam masak santan. Sayur tersebut berisikan tempe, labu siam, brambang goreng, dan cabai. Labu siam masak santan banyak tersedia di warteg dengan harga murah meriah juga bila tidak ingin masak sendiri. Jika ingin memasak sendiri juga cukup praktis, karena bumbu yang disediakan juga cukup sederhana. Bahkan bumbu halus tidak perlu selalu di ulek dan bisa kamu haluskan menggunakan blender. Proses memasak sayur labu siam ini bisa menggunakan ebi sebagai pengganti kaldu ayam saset. Untuk memasak sayur ini hanya perlu mengeluarkan kocek sekitar Rp 10.000 dan sudah bisa untuk makan 4 porsi alias sekeluarga.





-
Sayur labu siam kuah santan. Foto: Instagram




Sayur lodeh





Masakan tradisional Indonesia yang terkenal menggunakan santan juga adalah sayur lodeh. Di dalam sayur lodeh biasa menggunakan melinjo, daun melinjo, dan kacang panjang. Sayur lodeh bisa juga disajikan dengan tambahan isian berupa daging yang dipotong kecil-kecil. Bumbu halus yang perlu dipakai untuk memasak jauh lebih sederhana ketimbang memasak sayur labu siam masak santan. Hanya saja orang yang memiliki penyakit asam urat tidak disarankan mengkonsumsi. Daun melinjo yang dipakai bisa membuat asam urat menjadi kumat.





-
Lodeh foto: Yotube




Gulai daun singkong





Sayuran lain yang juga bisa dimasak bersama santan adalah daun singkong. Sensasi mengkonsumsi sayurannya mirip dengan singkong yang ada di Rumah Makan Padang. Bahan yang digunakan juga cukup sederhana dan bisa ditemukan mudah di seluruh pasar tradisional Indonesia. Beberapa bumbu halus yang dipakai untuk memasak adalah bawang merah, bawang putih, ketumbar, cabai keriting, kunyit, dan jahe. Kamu yang tahan pedas bisa saja mengganti cabai keriting dengan cabai rawit.





-
Gulai daun singkong. Foto: Instagram




Sayur jantung pisang kuah santan





Jantung pisang tidak perlu lagi dibuang. Kamu bisa memasaknya bersama santan dan sejumlah rempah-rempah. Rasanya sudah pasti unik dan tetap menawarkan cita rasa gurih. Kamu yang belum pernah mencoba wajib memasaknya. Jantung pisang hanya tersedia di pasar tradisional dan kamu yang punya pohon pisang bisa ambil dari yang sudah berbuah.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Kue lapis khas Indonesia yang patut menjadi kebanggaan

Rabu, 29 September 2021 | 13:08 WIB

Ayam masak cabai hijau yang cocok untuk makan ramai-ramai

Selasa, 28 September 2021 | 22:00 WIB

Soto Pekanbaru, Soto gurih berkelas hotel

Senin, 27 September 2021 | 17:09 WIB

Bubur Kampiun Khas Padang, yang punya makna mendalam

Senin, 27 September 2021 | 06:00 WIB

Terpopuler

X