Jenang jaket legit, kerap disajikan saat hajatan bagi masyarakat jawa

- Rabu, 11 Agustus 2021 | 18:00 WIB
jenang_margarasaasli_20210810_7
jenang_margarasaasli_20210810_7


Sobat pecinta kuliner Nusantara, yang suka manis-manis pasti demen nih dengan camilan bernama jenang yang legit ini. Tapi ada lho jenis jenang dari kota Purwokerto Jawa tengah yang memiliki nama yang unik yaitu jenang jaket.





Makna filosofi bagi orang jawa





Teman-teman, jenang merupakan makanan khas Indonesia. Setiap daerah di Indonesia pasti punya makanan tradisional, salah satunya adalah jenang dari Jawa.





Masyarakat jawa pasti sudah sangat familiar dengan camilan ini, karena banyak juga yang menjadikan jenang sebagai oleh-oleh. Tentunya dengan ciri khas dan jenis di setiap daerah ya. Nah, nanti kita akan membahas jenis jenang jaket.






Jenang bagi orang Jawa memiliki banyak makna atau nilai filosofinya. Tidak heran, jika jenang sering disajikan saat ada upacara keagamaan atau hajatan. Menurut sejarah saat zaman Walisongo, masyarakat Jawa percaya bahwa jenang memiliki simbol ungkapan rasa syukur kepada Tuhan, simbol harapan dan doa, semangat dan persatuan masyarakat Jawa.






Kuliner ini ada sejak zaman kerajaan Hindu Budha lho, dan masih menjadi primadona hingga sekarang.
Sebenarnya sejarah dan makna filosofi jenang masih panjang. Karena kita akan membahas jenang jaket, yaudah kita persingkat saja ya.

Halaman:

Editor: Putri Dea Nabil Latifah - Kulinear.ID

Tags

Terkini

X