Kue cubit Surabaya, kue manis mungil dengan aneka rasa kekinian

- Kamis, 12 Agustus 2021 | 19:45 WIB
lauria_abriyaksa_20210812_0
lauria_abriyaksa_20210812_0

Halo sahabat kulinear, gimana suasana hati kalian sekarang? Pastinya harus selalu senang ya, karena kali ini penulis akan membahas camilan yang buat mood kalian baik, yaitu kue cubit Surabaya. Waktu SD kue cubit banyak dijajakan di depan sekolah, kue ini pasti sangat populer kan di masa itu. Hayo, siapa disini yang rindu dengan kue cubit.

Kue cubit Surabaya aneka varian

Sahabat, kue cubit selain terkenal dan populer di Jakarta, juga hits di Surabaya lho.
Sebenarnya, belum diketahui pasti dari mana kue cubit berasal. Akan tetapi, banyak yang bilang kalau kue ini buatan masyarakat Belanda. Saat pemerintah Belanda menjajah Indonesia, mereka memang meninggalkan beberapa tradisi, salah satunya adalah kuliner.


Jajanan mungil dan manis ini komponen utamanya adalah susu dan tepung terigu. Biasanya topping yang digunakan umumnya adalah Meises dan bentuknya lingkungan atau bunga. Bentuknya yang kecil ini lah alasan kenapa kue ini disebut kue cubit.

-
kue cubit. Foto: Instagram

Tapi, camilan di Surabaya termasuk jadul ini bisa di variasikan dengan aneka rasa yang kekinian. Selain itu, tampilannya terlihat menarik dengan bentuk yang mirip burger mini. Selain susu dan tepung terigu, adonan kue cubit agar mengembang dikembangkan campuran telur dan gula pasir.

Tak lupa juga mentega yang akan membuat rasanya semakin gurih. Setelah itu, bersiaplah untuk dibentuk khusus. Selanjutnya, jika sudah matang dicungkil dibagian tengahnya. Nah, cara ini bisa menghasilkan lubang ditengahnya seperti dicubit.
Kalau kalian penggemar kuliner manis ini, nggak ada salahnya kalau coba varian rasa lainnya selain meises.
Kue cubit Surabaya sudah kekinian lho, mulai dari varian rasa marsmellow, butiran, potongan sosis dan mayonaise, green tea,red Velvet, black forest, burger kue cubit, mocha dan lain-lain.

Menarik sekali bukan? Kue tradisional bisa disulap seperti makanan ala restoran barat atau makanan western gitu deh hehe. Kalau kalian pilih, lebih tertarik yang mana nih?
Akhir-akhir ini, banyak juga lho yang memesan kue cubit setengah matang. Alasannya karena teksturnya lebih lembut dan basah. Oh iya, memang adonannya sekilas nampak sama dengan kue pukis. Dua kue manis ini merupakan jajanan yang banyak dijumpai dan dijajakan di seluruh wilayah Indonesia, seperti di pasar-pasar tradisional dan toko roti. Walaupun pukis termasuk jajanan jadul, tapi sampai sekarang masih banyak peminatnya, bahkan banyak modifikasi rasa dan toping. (TCT)

Editor: Putri Dea Nabil Latifah - Kulinear.ID

Tags

Terkini

X