Pie pisang susu, camilan manis aneka toping dengan bentuk yang lucu

- Jumat, 13 Agustus 2021 | 19:30 WIB
foodinrupiah_20210813_1
foodinrupiah_20210813_1

Sahabat kulinear, pasti sudah pernah kue manis dan imut ini. Bagaimana kesan kalian tentang kue ini? Namanya kue pie pisang susu. Pie adalah kue yang kulitnya dengan beragam varian isinya, mulai dari cokelat, keju, kacang, buah-buahan, sayur, daging dan lainnya.
Pie susu sebenarnya mengadopsi camilan dari negara lain, seperti inggris, Portugis dan Hongkong.
Umumnya pie yang ada di Indonesia bentuknya seperti lingkaran dengan pinggirannya seperti bunga. Membuat kue ini terkesan lucu dan menarik. Tapi kali ini ada inovasi pie, buat kalian yang suka buah pisang pasti langsung jatuh hati deh.

pie pisang susu varian baru

 

-
pai pisang. Foto: Instagram

Kenalin nih, pie pisang susu, pie satu ini memiliki bentuk seperti pisang dengan aneka toping diatasnya, kreasi pie yang lucu ini sukses membuat konsumen tertarik. Pie ini dijadikan oleh-oleh khas Lampung lho. Topingnya sendiri juga bervariasi yaitu meises, banana cremfill, kacang almond, kismis, keju, potongan pisang, cokelat dll. Satu buah pie pisang susu ini hanya 7 ribuan saja.

Pie pisang susu terbuat dari adonan pastry dan diberi isian pisang aneka toping.
Bahan untuk membuat pie pisang dibagi menjadi tiga nih. Kalau untuk adonan kulitnya kita membutuhkan tepung terigu protein sedang, mentega, gula pasir, garam, telur ayam dan air dingin. Sedangkan untuk isian vlanya terdiri dari tepung maizena, susu, telur, dan gula pasir.

proses pembuatan

Sahabat kulinear, kunci keberhasilan untuk membuat kulit pie atau pastry terletak pada cara menggilingnya. Adonan kulit pie dipipihkan dengan rolling pin atau penggilingan adonan. Supaya nggak lengket, taburi sedikit tepung terigu. Kalau sudah pipih, tambahan mentega khusus kulit pastry. Setelah itu, baru dicetak berbentuk pisang.


Kalau gitu buat adonan pie nya Terlebih dahulu, yaitu campurkan semua bahan dengan mixer kecepatan rendah. Selanjutnya tambahkan air es sedikit demi sedikit. Kalau sudah Khalis, adonan pie bisa langsung dibentuk deh.

Lanjut ke proses pembuatan vlanya, semua bahan dicampur. Setelah itu, potong—potong pisang yang sudah matang. Taruh ditengah adonan lalu tuangkan vla dan aneka toping lainnya.
Ets, udah pada ngiler ya lihat toping yang bermacam-macam ini. Sabar nih, kita ke proses terakhirnya yaitu memanggangnya. Untuk durasi yang dipakai sekitar 40 menit dengan suhu 180 derajat.

Pie pisang susu sudah siap disajikan. Jangan ragu kalau soal rasa, enak banget. Makan satu biji aja yakin deh bakal kurang hehe. (TCT)

Editor: Putri Dea Nabil Latifah - Kulinear.ID

Terkini

Kue lapis khas Indonesia yang patut menjadi kebanggaan

Rabu, 29 September 2021 | 13:08 WIB

Ayam masak cabai hijau yang cocok untuk makan ramai-ramai

Selasa, 28 September 2021 | 22:00 WIB

Soto Pekanbaru, Soto gurih berkelas hotel

Senin, 27 September 2021 | 17:09 WIB

Bubur Kampiun Khas Padang, yang punya makna mendalam

Senin, 27 September 2021 | 06:00 WIB

Terpopuler

X