Resep tongseng daging sapi wagyu premium Rp12 juta ala Nagita Slavina

- Senin, 25 Juli 2022 | 12:33 WIB
NagitaSlavina dan Raffi Ahmad, foto: Instagram
NagitaSlavina dan Raffi Ahmad, foto: Instagram

Kulinear.ID - Nagita Slavina diketahui senang memasak dan membuat berbagai resep unik dari bahan sederhana. Kali ini, lewat video di kanal Youtubenya, istri Raffi Ahmad itu membuat menu tongseng.

Bedanya, tongseng buatan Nagita memakai bahan daging premium dengan harga super mahal.

"Masak tongseng masaknya pakai daging enak banget. Udah nitip daging sama orang yang udah ngerti banget daging yang enak buat dimasak tongseng. Ini dagingnya bukan sembarang daging karena bukan daging yang dibeli di pasar gitu ya," jelas wanita yang akrab dipanggil Gigi.

Nagita menambahkan jika daging yang dibelinya itu biasanya dibuat untuk steak yang enak. Tapi, kali ini ia ingin masak jadi tongseng.

Baca Juga: Bersihkan kotoran ayam di cangkang telur jangan disikat, ternyata bisa berdampak buruk pada kesehatan

Nagita mengaku membeli daging dengan meminta bantuan seorang teman. Alasan dia membuat tongseng adalah karena sulit menemukan tongseng daging sapi yang enak.

"Karena selama ini tongseng itu kan kebanyakan kambing aku tuh gak terlalu suka kambing. Terus beberapa tongseng yang daging sapi itu keras jadi I don't like," katanya, dilansir dari laman youtube RANS beberapa waktu lalau saat berkolaborasi dengan Dimas The Meat Guy.

Sementara menunggu daging datang, Nagita pun menjelaskan apa saja bumbu yang dipakai untuk membuat tongseng. Ada gula merah, bawang merah dan putih, kemiri, kunyit, lengkuas, jahe, semuanya sudah dihaluskan. Tentu saja untuk menambah rasa ada garam, daun salam dan jeruk serta santan.

"Ada minyak, kecap. Biasanya biar ada krenyes-krenyes pakai kol. Tomat buat seger-seger," tambahnya.

Baca Juga: Rasa vanilla ditarik BPOM, Dita Soedarjo klaim bayi temannya malah diminta dokter makan banyak Haagen Dazs

Daging yang ditunggu pun akhirnya tiba. Teman Nagita yang bernama Dimas langsung menjelaskan bahwa daging yang dibawanya adalah daging super premium dengan grade A5. Jenis daging yang dibawa adalah miyazaki gyu striploin.

"Marblingnya bagus banget. Ini memang sengaja kan yang makannya premium di sini makanya dibawain yang premium buat di sini paling top di dunia," ujar Dimas.

Dimas pun sedikit menjelaskan mengenai daging yang dibawakannya. Nama daging miyazaki diambil dari nama perfektur di Jepang, tempat peternakan sapi itu berasal.

Kenapa bisa memiliki grade tinggi yaitu A5? Karena, semakin sedikit sapi di peternakan itu akan semakin bagus, semakin langka maka semakin mahal.

Baca Juga: Resep waffle tempe enak, mudah dibuat tanpa minyak dan bebas glutten

Sementara striploin adalah bagian dari sapi yang sering dipakai bergerak. Grade A5 adalah grade tertinggi untuk daging yang dilihat dari warna, marbling dan aromanya.

"Marbling itu bagian putih-putih yang semakin kompleks semakin empuk, juicy, lembut, lebih enak dibumbuinnya sedikit aja," kata Dimas.

Dimas membawakan dua bungkus daging premium itu yang ternyata harga totalnya adalah Rp12 juta.

"Dua bungkus harganya Rp12 juta. Satunya Rp6 juta jadi kira-kira 600 gram di dry age jadi jauh lebih mahal," ujar Dimas.

Baca Juga: Resep waffle tempe enak, mudah dibuat tanpa minyak dan bebas glutten

Sebelum dimasukkan ke dalam bumbu, daging mahal itu dipotong-potong dahulu berbentuk dadu. Tapi, tidak langsung dimasukkan ke dalam wajan dalam keadaan mentah.

Daging di-pan seared terlebih dahulu tanpa menggunakan minyak melainkan lemak dari daging itu. Setelah kecokelatan barulah daging dimasukkan ke dalam kuah tongseng. Tidak lupa sisa minyak lemak daging juga ikut dimasukkan agar rasa tongseng lebih nikmat.

Tak perlu waktu lama, tongseng dengan sapi super premium itu pun matang. Nagita bersama Dimas langsung mencicipi di meja makan.

"Dagingnya lembut banget," kata Nagita terpukau sendiri dengan kualitas daging premium itu.***

Editor: Anisa Widiarini

Sumber: Youtube Rans Entertaiment

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kue lapis khas Indonesia yang patut menjadi kebanggaan

Rabu, 29 September 2021 | 13:08 WIB

Ayam masak cabai hijau yang cocok untuk makan ramai-ramai

Selasa, 28 September 2021 | 22:00 WIB

Soto Pekanbaru, Soto gurih berkelas hotel

Senin, 27 September 2021 | 17:09 WIB

Bubur Kampiun Khas Padang, yang punya makna mendalam

Senin, 27 September 2021 | 06:00 WIB
X