Traktir

Sajian sup bunga sedap malam, bikin tubuh hangat di musim hujan

Kalau lagi musim penghujan, malam malam, cuaca dingin, memang jawabannya cuma makan atau minum sesuatu yang bisa menghangatkan tubuh. Kalau minuman ada wedang ronde, bajigur, kopi jahe, bandrek dan lain sebagainya. Sedangkan kalau makanan ada mie rebus dan aneka olahan sup khas nusantara. Salah satunya yaitu sup kimlo atau sup bunga sedap malam.

Meskipun hingga sekarang masih belum diketahui secara pasti kota asal dari sup kimlo, ada yang mengatakan dari betawi, Solo, hingga Palembang. Tapi, di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur bisa kalian jumpai di sekitar wilayah Pecinan.

Intinya hidangan sup ini merupakan olahan otentik yang dikembangkan oleh masyarakat Tionghoa. Sup kimlo biasanya juga biasa disajikan saat ada acara hajatan, pesta atau perayaan tertentu lainnya.

Sup kimlo. Foto: Instagram

Aneka isian dalam semangkuk sup kimlo hangat

Yang menjadi ciri khas dari semangkuk sup kimlo adalah isian soun, jamur kuping, telur puyuh dan bunga sedap malam. Meskipun sebenarnya tiap daerah punya ciri khas dengan menambahkan aneka isian lainnya. Bahkan orang yang memasak sup kimlo dianggap sesuka hati dalam memasukkan isiannya, yang dimasukkan berupa makanan gurih, seperti telur pindang, wortel, daun bawang, seledri, telur gulung, daging ayam, empal, udang, siomay, hati ayam, ikan, dan bakso.

Bunga sedap malam kering atau “kim can” menjadi salah satu bahan yang sering dipakai pada masakan Tionghoa. Untuk kita yang masih merasa asing dengan olahan bunga sedap malam, bisa diganti dengan bunga pisang kering yang diawetkan dengan garam lalu dikeringkan. Bagi kalian yang vegetarian juga bisa menghilangkan isian daging, namun tetap mempertahankan isian sayuran yang lainnya. Sup kimlo cocok mau dijadikan sarapan atau makan siang dengan tambahan nasi. Wah cukup fleksibel ya…

Sup kimlo memiliki cita rasa segar dan gurih seperti soto, namun di dalamnya terkandung cita rasa sop juga. Bumbu dapur yang dipakai cukup sederhana dan mudah kalian jumpai, mulai dari bawang putih, bawang bombay, air kaldu, garam, pala, lada, kecap, gula, dan jahe.

Selain dianggap mampu menghangatkan tubuh, ternyata aneka sayur, lauk, dan bumbu yang digunakan dalam sup kimlo memiliki mutu gizi yang tinggi. Daging ayam yang digunakan mengandung sedikit lemak dan tinggi protein. Lalu, udang yang mengandung omega 3 mampu digunakan untuk mencegah kanker, serta bunga sedap malam yang dipakai merupakan obat terbaik bagi penderita anemia.

Untuk ulasan kuliner inspiratif lainnya, silahkan follow Kulinear  (TCT)

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button