Traktir

Semarang ternyata punya kue kering gurih renyah, kue garpu namanya

Pernah dengar atau nyobain kue garpu dari Semarang? Kue kering nan gurih renyah. Namanya unik, ya? Yuk kita bahas bersama.

Saat memasuki waktu libur, kamu bisa banget coba main ke ibukota di Jawa Tengah yang sudah terkenal kepopulerannya. Dia adalah kota Semarang. Semuanya tersaji lengkap disini.

Mulai dari pusat perbelanjaan, pusat pendidikan, destinasi wisata, cagar alam, dan tentunya yang paling menarik perhatian adalah kulinernya. Kalau main ke Semarang, kuliner yang paling identik dicoba pasti lumpia dan soto mie semarang. Nyatanya, kota Atlas tersebut tak hanya punya 2 kuliner yang populer lho.

Ada salah satu kue kering yang patut dicoba meskipun masih terdengar tidak familiar di telinga kamu. Kue ini adalah Kue Garpu. Maksudnya gimana ya ? Kuenya dari garpu ? Atau kuenya bentuk garpu ? Daripada pusing mikirin, mending langsung bahas penjelasan serta resepnya berikut ini.

Jadi ini resep dan alasan di balik nama kue garpu

Kue garpu adalah camilan khas Semarang berupa kue kering renyah dari adonan tepung dan irisan seledri, dibentuk lonjong pendek dan diberi motif garis menggunakan garpu. Jadi, alasan di balik nama kue garpu adalah karena penggunaan garpu dalam rangka menghasilkan motif garis pada kue kering satu ini.

Kue garpu. Foto: Instagram

Kue garpu memiliki citarasa mirip molen tanpa pisang, jadi kayak gurih, renyah, asin, dan kerasa aroma seledrinya. Karena tergolong kue kering renyah, maka kue garpu wajib disimpan dalam toples. Meskipun sebenarnya, kue garpu tergolong isian toples rakyat Semarang di hari raya Idul Fitri.

Sudah banyak penjual kue garpu di kota Semarang, mulai dari via online, di toko oleh oleh, hingga supermarket. Kebanyakan yang memproduksi kue garpu adalah para ibu rumah tangga yang sedang membuka usaha kecil kecilan untuk menambah penghasilan, atau yang biasa dikenal sebagai industri rumahan.

Hal ini sudah tak asing lagi kalau para ibu memilih menu kue garpu dalam dagangan mereka. Katanya sih selain rasanya yang dapat diterima semua kalangan, kue ini ternyata mudah dibuat lho… Yuk langsung buktiin aja !!

Pertama, untuk membuat adonan kue garpu, kita perlu mencampurkan bahan tepung terigu, tepung tapioka, telur yang sudah dikocok lepas, santan, gula, margarin, garam dan irisan halus daun seledri. Semua bahan tersebut diaduk hingga merata dan adonan kalis.

Jika sudah, ambil sedikit adonan dan dilonjongkan pendek. Lalu, letakkan di ujung garpu dan gulingkan perlahan agar mendapatkan motif garis yang diinginkan tanpa merusak bentuk adonan. Lakukan hingga semua adonan habis. Terakhir, tinggal goreng kue garpu hingga matang. Angkat dan tiriskan, biarkan dingin sebentar dan simpan dalam toples. Mudah kan? Selamat mencoba guys…

Untuk ulasan kuliner inspiratif lainnya, yuk follow Kulinear (TCT)

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button