Traktir

Stroberi panna cotta dessert ala Italia lezat untuk buka puasa, cek resep

Buah stroberi bisa diolah menjadi hidangan penutup yang lezat, seperti panna cotta. Hidangan ini menggunakan buah asli dan dicampur dengan gelatin. Tampilan dan rasa dessert asal Italia ini yummy banget, padahal resep alias cara pembuatan stroberi panna cotta sederhana.

Rasa dari buah stoberi yang lembut dan dipadukan dengan gelatin akan lumer di mulut. Cara membuat stroberi panna cotta ini sangat mudah dan tidak memerlukan banyak bahan. Pas banget dinikmati untuk berbuka puasa. Intip resep strawberry panna cotta yang mudah dibuat.

Stroberi panna cotta. Foto: Pixabay
Stroberi panna cotta. Foto: Pixabay

Bahan adonan susu:

  • 1 cangkir susu cair
  • ¾ cangkir krim susu
  • 1 sdt gelatin atau agar-agar bubuk
  • ½ cangkir gula pasir
  • 1 sdt ekstrak vanilla

Bahan adonan stroberi:

  • 1 cangkir stroberi
  • 1 sdt agar-agar
  • 2 sdm air panas
Strawberry panna cotta. Foto: instagram

Langkah-langkah:

  1. Tuang susu dan krim ke dalam panci, rebus sambil mengaduknya sebentar. Namun, jangan merebusnya hingga mendidih.
  2. Masukkan agar-agar dan aduk lagi, tunggu sebentar. Setelah itu, masukkan gula dan aduk merata. Tambahkan ekstrak vanilla dan garam, aduk lagi. Matikan api kompor, lalu dinginkan adonan selama 10 menit.
  3. Siapkan gelas untuk panna cotta, letakkan di wadah yang dapat menjaga gelas tetap miring. Tuang agar-agar di gelas tersebut hingga memenuhi setengah gelas. Simpan di dalam kulkas selama 2 jam.
  4. Masukkan air panas dan agar-agar dalam wadah atau mangkuk, campur hingga merata.
  5. Cuci bersih stroberi, lalu haluskan stroberi menggunakan blender. Tuang stroberi ke dalam agar-agar yang ada di mangkuk, lalu aduk merata.
  6. Kemudian tuang adonan stroberi ke dalam gelas yang sebelumnya sudah terisi agar-agar dan susu. Setelah itu, masukkan kembali ke dalam kulkas selama 2 jam hingga beku. Stroberi panna cotta siap disajikan dan nikmati selagi dingin.

Resep stroberi panna cotta sangat mudah untuk dipraktikkan, kan? Hidangan penutup ini bisa jadi ide bisnis kuliner atau ide bisnis dessert yang lebih menarik dari sekadar agar-agar biasa atau pudding.

Strawberry panna cotta dengan teknik memasak di atas sangat kreatif, sehingga bisa meningkatkan nilai jual olahan stoberi itu sendiri. Kamu bisa tambahkan irisan stroberi di atasnya dan menuang sedikit susu vanilla agar penampilannya lebih menarik.

Ketika membuat adonan stroberi, mungkin kamu bisa menambahkan sedikit gula jika kamu menyukai manis. Jika tidak diberi gula juga tidak masalah karena kamu bisa merasakan asamnya stroberi. (CTH)

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button