Traktir

Sup ikan laut segar dengan sensasi pedas masam asal pantai Jepara

Olahan ikan memang selalu memiliki tempat favorit tersendiri di hati masyarakat, selain karena rasanya yang nikmat dan menyegarkan, kandungan sejuta gizi baik di dalam ikan segar tak bisa kamu abaikan, apalagi untuk sajian si buah hati yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Indonesia yang kaya akan perairannya menyebabkan pula banyaknya rakyat yang berkerja sebagai nelayan. Tak hanya itu, pekerjaan lain di sektor perairan ataupun perikanan juga banyak digandrungi masyarakat Indonesia. Salah satunya yaitu membuka warung dengan aneka sajian ikan segar, diantaranya yang menjadi favorit adalah hidangan Pindang Serani. Olahan ikan khas kota Jepara, Jawa Tengah yang memang terkenal akan keindahan pantainya.

Wajib mencoba Pindang serani di resto tepi pantai Jepara

Pindang serani Jepara adalah sajian mirip sup ikan laut yang berisi ikan laut segar dengan kuah bening, terdiri dari belimbing wuluh, kemangi, daun bawang, dan tomat.

Semangkuk pindang serani memiliki cita rasa yang pedas, asam, dan manis dengan penggunaan ikan segar dan ringan ketika mulai masuk ke tenggorokan. Kebayang kan nikmatnya kayak apa ?

Pundang serani. Foto: Instagram

Kata serani sendiri memiliki arti bahwa sajian ini menggunakan bumbu sereh, laos, salam, jahe, dan cabai. Tidak sesuai dengan namanya, sajian pindang serani nyatanya menggunakan daging ikan laut segar seperti ikan kakap, bawal, kerapu, bandeng dan lainnya. Jadi, tak melulu pakai ikan pindang ya guysss…

Sebelum ikan mulai dimasak, harus dicuci dahulu dan dibumbui dengan jeruk nipis untuk menghilangkan aroma amis. Lalu, baru dimasak dengan bumbu tadi, bisa juga ditambahkan bumbu lainnya seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, dan asam jawa.

Di Jepara, kamu dapat dengan mudah menjumpai restoran pinggiran pantai yang menjual sajian pindang serani ini. Para koki biasanya cukup memasak sekitar 20 menit, lalu hidangan semangkuk pindang serani panas sudah tersaji di atas meja.

Meskipun sudah dimasak selama 20 menit, nyatanya daging dari ikan tetap bertekstur bagus dengan sedikit kenyal ketika digigit. Disantap bersama kuah pedas masam mampu membuat tubuh berkeringat segar. Ini yang selalu berhasil bikin pelanggan balik lagi untuk kembali menyantap hidangan ini. Hmmm, jadi pengen deh… Apalagi didukung dengan harganya yang murah meriah. Dengan budget 40.000 hingga 50.000 kamu sudah bisa mendapatkan seporsi pindang serani sensasi restoran berbintang.

Untuk kuliner inspiratif lainnya, silahkan follow  Kulinear. (TCT)

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button