Traktir

Tempat kuliner di bogor yang murah dan enak, dari Suryakencana sampai Jembatan Merah

Ini 3 daftar tempat kuliner di bogor yang murah dan enak.

Berkunjung ke kota Bogor sambil meneggunakan KRL bisa jadi cara yang menyenangkan. Karena selain destinasi wisata, kamu juga bisa menikmati kuliner enak dan murah yang ada di area sekitar stasiun.

Apalagi seperti diketahu bahwa bogor punya beragam kuliner khas yang dijajakan hampir di setiap kaki lima. Ada berbagai pilihan menu seperti soto kuning, soto mi, hingga asinan Bogor yang menggugah selera.

Nah jika kamu berniat mengunjungi bogor dalam waktu dekat, berikut ini daftar tempat yang bisa kamu kunjungi untuk sekadar wisata kuliner.

Jalan Suryakencana

Jalan Suryakencana Bogor foto: Pinterest
Jalan Suryakencana Bogor foto: Pinterest

Nama jalan Suryakencana memang sangat melegenda dan terkenal sebagai tempat kuliner di bogor yang murah dan enak. Di lokasi ini kamu akan menemukan berbagai kuliner khas Bogor yang sudah melegenda.

Dari stasiun Bogor, menuju ke Surya Kencana hanya sekitar 10 menit jika naik ojek online dan 15 menit naik angkutan umum (angkot) menuju jalan Suryakencana.

Daerah ini bisa dibilang daerah pecinan Bogor, karenanya jangan heran jika di depan jalan ada gapura merah besar.

Pusat kuliner Bogoor ini bisa dibilang menyediakan sarapan pagi hingga camilan sore. Kamu bisa menemukan sejumlah pedagang kaki lima sepanjang jalan.

Mie bakso Oman

Mie Bakso Oman foto: Istimewa
Mie Bakso Oman foto: Istimewa

Kali ini Kulinear mencoba mie bakso Oman yang berlokasi di Jalan Roda yang masih satu area dengan Suryakencana. Pak Oman pedagang bakso mengakau sudah berjualan sejak 25 tahun silam.

Bakso buatannya merupakan jenis bakso bening dengan kuah kaldu sapi yang gurih. Dalam semangkuk bakso tersedia bakso polos, dan bakso urat.

Selain itu, ada pula kwetiaw yamin yang punya aroma gurih dengan warna hitam pekat.

Saat dicicip, mi kwetiaw terasa kenyal dan legit gurih dengan bakso polos. Harga satu mangkok bakso cuma 12 ribu saja lho. Pak Oman mengaku dagangannya habis hanya dalam waktu 4 jam. Woow, keren ya.

Lumpia basah gang awut

Lumpia Basah gang Awut foto: Istimewa
Lumpia Basah gang Awut foto: Istimewa

Selain bakso Oman, yang cukup populer di jalan suryakencana adalah lumpia basah. Sajian ini cukup unik, dalam balutana kulit lumpia teradapat isian seperti bengkuang, daging ayam, telur dan tahu kuning yang dicindang dan ditumis dengan ebi dan bawang putih.

Penyajiannya dengan daun pisang yang nikmat dan dibungkus dengan kulit lumpia home made yang kenyal dan lembut.

Si penjual mengaku usahanya ini merupakan keturunan dari ayah dan kakeknya sejak 1935. Memasak lumpia basah dalam gerobak ini menggunakan arang hingga berbau smokey.

Bagi yang tertarik kamu harus datang lebih pagi karena awarung lumpua ini buka sejak pukul 09.00 pagi.

Ruko V Point

Ruko V Point foto: Istimewa
Ruko V Point foto: Istimewa

Area ruko V pont juga bisa jadi alternatif berburu kuliner kamu. Area ini terletak di sekitar jalan Pajajaran. Jika dari stasiun Bogor, menuju ke area ini hanya membutuhkan waktu 10 menit menggunakan ojek online.

Area ruko ini memang cukup legendaris. Kawasan ini menjual berbagai kuliner khas yang enak misalnya roti unyil, pastel Mak Cik. Di sebelahnya ada Ngoo Hiang gang Aut yang legendaris.

Kalau mau yang seger-seger, kamu bisa cicip asinan Bogor yang tak kalah enak. Asinan ini ada di belakang ruko roti unyil.

Jangan lupa cicip es cendol keraton dengan topping durian. Harganya hanya Rp16.000 kamu bisa mendapat segelas cendol manis dengan topping selai durian yang menggugah selera.

Jalan sepanjang jembatan merah

Jalan Jembatan Merah foto: Istimewa
Jalan Jembatan Merah foto: Istimewa

Bagi kamu yang ingin kuliner malam di area Bogor, jangan lewatkan rekomendasi kuliner di sepanjang jalan jembatan merah.

Dari statsiun, kamu membutuhkan waktu 20 menit untuk sampai ke lokasi ini. Bisa dibilang sepanjang 1-2 km sepanjang jalan itu diisi berbagai kuliner khas.

Jika diperhatikan, rata-rata penjual adalah pedagang martabak dan doclang. Doclang adalah makanan sejenis kupat tahu namun yang membedakan adalah ketupatnya yang dibungkus daun patat atau sejenis daun kunyit yang aromatik.

Dalam satu porsi doclang ada kupat, tahu kuning, telur, kerupuk damn disiram bumbu kacang yang cukup kental. Tempat wisata kuliner ini buka hingga 24 jam.

Satu pilihan kuliner murah yang bisa kamau temukan di jalan Jembatan Merah adalah nasi uduk legendaris yang ada di depan toko laris plastik. Uniknya harga per item topping dihargai 5 ribu.

Lauknya yang disajikan ada bermacam-macam dengan rempah asli Indonesia. Lauk yang disediakan antara lain sate kikil, sate sapi, dendeng balado, paru goreng hingga perkedel, sayur tahu.

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button