Tips memasak ikan supaya tidak amis dan tetap segar

- Rabu, 16 Desember 2020 | 06:31 WIB
jongsun-lee-JnFGgVaFpmE-unsplash
jongsun-lee-JnFGgVaFpmE-unsplash


Ikan adalah hewan yang sering dimasak menjadi berbagai menu makanan favorit masyarakat. Jenis ikan sangat beragam berdasarkan tempat hidupnya, seperti ikan air tawar, ikan laut, dan ikan air payau. Karena jenisnya yang bervariasi, maka cara mengolah ikan pun berbeda-beda. Perlu untuk mencontoh tips memasak ikan dengan seksama untuk hasil terbaik. Bumbu yang digunakan juga disesuaikan dengan jenis ikan yang ingin dimasak.





Biasanya, proses membersihkan ikan seperti membuang duri atau tulang ikan, sisik serta insang menjadi kesulitan bagi pemula saat memasak ikan. Selain itu, bau khas ikan yang amis kadang menjadi masalah tersendiri. Oleh karenanya, berikut ini adalah langkah memasak ikan beserta tips menghilangkan bau amis ikan.





Bersihkan ikan terlebih dahulu





Terdapat beberapa jenis ikan yang bersisik, contohnya ikan tongkol, cakalang, ikan layur dan ikan teri jepang. Kamu perlu membersihkan sisiknya sebelum dimasak, serta membersihkan tulang atau duri, sirip, insang, dan kotoran dalam perut ikan.
Nah, cara membersihkan sisik yang benar dan mudah adalah memegangi bagian ekor ikan lalu merontokkan sisiknya mulai dari ekor hingga kepala. Cara ini lebih efektif dan aman dari kecelakaan kerja.





Hilangkan bau amis ikan





Ikan memiliki bau amis yang khas. Untuk menghilangkan bau amis ikan, kamu tidak hanya menggunakan jeruk ataupun lemon. Berikut cara untuk menghilangkan bau amis ikan dengan mudah menggunakan cuka dengan cara membuat larutan cuka yang cukup digunakan untuk merendam ikan
memakai asam jawa yang dibalurkan ke seluruh bagian ikan hingga merata
menaburkan garam dan meratakannya pada seluruh bagian ikan
melumurkan jahe yang sudah dihaluskan ke permukaan ikan
membalurkan parutan mentimun pada ikan
Setelah menggunakan salah satu komponen di atas untuk menghilangkan bau amis pada ikan, diamkan sekitar 20 menit. Baru kamu dapat mencuci ikan lalu diberi bumbu masakan.





Masak ikan sesuai resep





Jika kamu menggunakan garam untuk menghilangkan bau amis ikan, kamu tidak perlu menambahkan lebih banyak garam lagi saat proses memasak. Taburi garam secukupnya atau hanya menambahkan penyedap rasa sehingga masakan menjadi lebih gurih, tidak terlalu asin.
Kamu dapat memasak ikan dengan presto jika tidak menghilangkan tulang ikan saat tahap membersihkan. Cara ini lebih efektif dan memudahkanmu saat menyantapnya.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X