Ragam kuliner khas Bandung yang perlu kamu beli dan coba

- Sabtu, 26 Desember 2020 | 15:25 WIB
ragam kuliner bandung.pexels-quang-nguyen-vinh-2165159
ragam kuliner bandung.pexels-quang-nguyen-vinh-2165159


Jika berbicara Bandung maka kesan pertama yang terbayang adalah tempat wisata dan kuliner. Bandung kaya akan keanekaragaman wisata alam yang  menawarkan banyak destinasi indah, dan membuat pengalaman berwisata Anda akan terasa berbeda. Ditemani ragam kuliner khas Bandung, lidah Anda akan dimanjakan dengan cita rasa eksotis spesial yang hanya ada di Bandung.





Ragam kuliner khas Bandung tradisional





Kuliner tradisional bandung yang masih eksis sampai sekarang diantaranya yaitu serabi. Serabi merupakan makanan yang terbuat dari tepung beras menjadi ikon kuliner Bandung. Meski saat ini serabi telah dimodifikasi rasanya mengikuti trend milineal seperti rasa strawberry, keju, dan coklat, akan tetapi serabi rasa klasik dengan taburan oncom atau dengan kuah kinca gula merah tetap menjadi favorit para pelanggan yang ingin bernostalgia dengan rasa serabi original.





Beragam kuliner lainnya





Selanjutnya ada kuliner yang hampir mirip gado-gado dan karedok, yaitu lotek. Lotek terbuat dari sayuran yang direbus dan ditaburi bumbu kacang. Selain lotek, kuliner khas Bandung yang menggunakan bumbu kacang sebagai sausnya adalah batagor yang merupakan singkatan dari bakso tahu goreng. Hampir mirip somay yang dikukus dan dibumbui kacang.





Kuliner tradisional khas Bandung yang manis diantaranya colenak, singkatan dari dicocol enak. Colenak terbuat dari tape singkong yang dibakar dan disajikan dengan saus gula merah, cara memakannya dengan memotong tape bakar lalu dicocol saus gula  merah, yang akan terasa enak saat dimakan. Kemudian ada makanan khas kuliner Bandung yaitu peuyeum (tape). Peuyeum terbuat dari singkong yang diberi ragi dalam tempat tertutup setelah beberapa hari singkong berubah menjadi peuyeum yang lezat.





Untuk aneka gorengan, Bandung memiliki kuliner gorengan bala-bala yang  mirip dengan bakwan. Gehu (tauge tahu) yaitu tahu yang berisi sayuran tauge. Combro yaitu gorengan yang terbuat dari parutan singkong diberi isi oncom. Gorengan selanjutnya adalah cireng, gorengan yang simple ini berbahan baku tepung kanji. Cireng kekinian dikombinasikan dengan berbagai filling ada ayam, kornet, sosis, dan baso. Turunan olahan tepung kanji selain cireng, terdapat juga cilok dan cimol yang keduanya menjadi kuliner khas Bandung. Sedangkan makanan beratnya, kuliner khas Bandung menyajikan ragam masakan seperti soto Bandung, nasi timbel, mie kocok Bandung, kupat tahu, dan empal gepuk. Selain yang disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak kuliner khas Bandung yang unik, enak, dan terjangkau yang belum tersampaikan semuanya. 

Halaman:

Editor: Farah Pramudita - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X