Sate Taichan Taman Menteng

- Sabtu, 20 Februari 2021 | 09:00 WIB
Sate khas Ponorogo. Foto: Instagram @sateayam.ponorogo
Sate khas Ponorogo. Foto: Instagram @sateayam.ponorogo


Sate Taichan di jakarta mulai dikenal sekitar tahun 2016an dan booming di tahun 2017an. Saya sebenarnya penasaran dengan rasanya, ketika sate ini menjadi booming. Namun karena setiap kali melewati Senayan tempat awal mula cikal bakal sate ini dikenal, selalu saja penuh, saya pun urung untuk mencicipinya. Sampai akhirnya saya mencoba sate Taichan yang berada di dekat Taman Menteng, Jakarta Pusat.





Nama Taichan ini konon katanya berasal dari wisatawan Jepang yang ingin mengonsumsi sate di Senayan. Wisatawan ini kurang menyukai sate yang disajikan sehingga berinisiatif membuat sendiri racikannya. Sate yang dibakar diubah menjadi digoreng dan dagingnya hanya dibumbui garam dan jeruk nipis. Bumbu semula yang merupakan bumbu kacang juga diubah menjadi sambal. Oleh wisastawan jepang ini, sate buatannya diberi nama "Taichan".









Sate taichan. Foto : Instagram




Sate taichan Memeng, sate goreng dengan sambal nan pedas





Sate Taichan di menteng ini adalah sate ayam yang digoreng dan disajikan bersama lontong atau nasi dan sambal bawang.





Daging ayam yang dipotong kotak/dadu kemudian ditusuk dan disajikan satu tusuknya sekitar 3-4 potong. Dagingnya setelah digoreng terasa gurih, renyah, empuk dan mudah dikunyah.





Aroma dan rasa sambalnya istimewa bagi yang menyukai bawang putih. Sambal yang berasal dari cabai rawit "setan" ini sungguh menendang lidah. Pedasnya membuat saya justru terus menerus mengambil sate dan lontongnya untuk dicolek ke sambalnya.

Halaman:

Editor: Herdiana Prasetyaningrum - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X