Lemper, makanan khas Indonesia yang eksis sampai saat ini

- Minggu, 14 Februari 2021 | 12:00 WIB
118156213_1257812167888523_3444100345040657371_n
118156213_1257812167888523_3444100345040657371_n


Makanan khas mungkin banyak sekali ada di suatu daerah dan menjadi ciri daerah tersebut. Tidak hanya makanan berat, makanan ringan seperti cemilan atau pengganjal perut merupakan bayak yang dicari. Makanan rigan atau makanan pengganjal perut sebelum makan merupakan salah satu jenis makanan yang lumayan banyak dicari oleh sebagian orang. Berbagai olahan makanan ringan ini banyak dijumpai disekitar rumah atau pasar tradisional terdekat. Salah satu makanan yang sering banget dicari yaitu makanan khas Indonesia karena pada zaman dahulu makanan tradisional sangat terkenal sebelum ada makanan modern seperti sekarang ini.





Lemper





Salah satu makanan khas Indonesia yang paling terkenal dari berbagai daerah yaitu lemper. Lemper merupakan makanan ringan yang berasal dari Indonesia dengan peyajian hangat atau setara dengan suhu ruang. Bahan utama dari pembuatan lemper disini yaitu beras ketan, ketan, ayam, ikan, atau abon. Lemper dikenal sebagai pengganjal perut sebelum makan makanan pokok. Lemper terkenal dari segi rasa khas dari beras ketan dan penyajian unik yang dibalut dengan daun pisang.





Asal usul lemper





Tidak ada sumber yang mengatakan darimana asal makanan ini, yang jelas makanan ini kental sekali dan banyak sekali dijumpai di daerah Jawa khususnya di Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur. Dan pada zaman sekarang ini makanan tersebut banyak sekali dijumpai di berbagai daerah lainnya.






https://www.instagram.com/p/CLLlVB2LJCp/
lemper. foto: instagram




Bagaimana proses pengolahannya?





Dengan proses yang lumayan mudah membuat makanan ini lebih enak dan tahan lama.





  • Bagaimana sih proses pengolahannya?
  • Pengolahan makanan ini pertama kali menyiapkan daging ayam yang sudah dicincang dan menanak beras ketan.
  • Menanak beras ketan ini sama seperti menanak nasi pada umumnya.
  • Setelah itu siapkan daun pisang yang sudah dibersihkan, lalu beri beras ketan sedikit. Lalu ratakan dengan sendok kemudian taruh daging ayam yang sudah dicincang dan masukkan juga abon.
  • Kemudian bungkus dengan menyerupai seperti lontong tetapi berbetuk kecil. Tahap terakhir yaitu proses pemasakan dengan menggunakan teknik mengkukus.
  • Kalau sudah matang angkat lalu tiriskan.




Sajian lemper di berbagai daerah





Makanan sangat cocok sekali untuk disajikan para tamu karena termasuk makanan ringan untuk pengganjal perut kosong. Tidak hanya disajikan untuk tamu yang datang ke rumah, makanan ini biasanya disajikan di dalam box untuk acara tertentu seperti selametan, pengajian, ataupun acara lainnya. Makanan ini pun biasanya disajikan untuk hantaran pernikahan di sebagian daerah.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X