Buah pisang dan pepaya, peningkat imun tubuh kala pandemi Covid-19

- Kamis, 25 Februari 2021 | 13:00 WIB
Buah pisang dan pepaya. Foto: Unsplash
Buah pisang dan pepaya. Foto: Unsplash


Pandemi Covid-19 yang ditetapkan sejak 11 Maret 2020 sampai sekarang tentunya banyak memberikan dampak bagi kehidupan manusia. Tak hanya dampak dari segi kesehatan, tetapi merambah sampai segi ekonomi. Banyak usaha yang mulai memberhentikan sebagian karyawannya atau bahkan sampai gulung tikar. Pemerintah pun dengan serius berusaha untuk menangani pandemi ini. Agar bisa melewati masa pandemi ini, tak hanya pemerintah yang bergerak, tetapi juga masyarakat harus bersinergi dalam mentaati setiap peraturan protokol kesehatan dan menjaga kesehatan dan kekuatan imun tubuhnya. Banyak usaha yang bisa dilakukan masayarakat untuk menjaga kesehatan tubuh seperti melakukan olahraga, perbanyak minum air putih, serta memakan buah-buahan yang kaya akan kandungan gizi dan vitamin. Buah-buahan tersebut seperti buah pisang dan pepaya.





Buah Pisang






https://www.instagram.com/p/CJdc_Lin0Up/
Buah Pisang dan Pepaya. Foto : Instagram




Buah pisang adalah buah yang dikenal luas di Indonesia dan ternyata pisang memiliki kandungan gizi dan vitamin yang baik untuk tubuh. Menurut P2PT Kemenkes RI, pisang memiliki kandungan kalium dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah tetap stabil. Pisang juga banyak mengandung vitamin A, C, B6 yang berguna untuk meingkatkan kekebalan tubuh dan kandungan potassium, mineral yang memperlancar aliran oksigen ke otak. Selain itu pisang juga banyak mengandung karbohidrat, zat besi dan mangan yang baik untuk kesehatan tubuh.





-
Pisang dan pepaya. Foto: Instagram




Buah Pepaya





Buah yang berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko Latin ini merupakan salah satu buah yang kaya akan nutrisi. Enzim yang dihasilkan oleh buah pepaya adalah enzim papain. Enzim ini dapat memecahkan molekul protein keras yang terdapat di dalam otot. Tak hanya menghasilkan enzim papain, pepaya juga mengandung antioksidan beta karotenoid jenis likopen. Zat ng sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Manfaat lain dari pepaya yaitu dapat meningkatkan kesehatan jantung karena mengandung likopen dan vitamin C. Pepaya juga mencegah gangguan penglihatan karena banyak mengandung vitamin A. Kandungan nutrisi lain yang terdapat pada papaya adalah kalium, folat, magnesium, vitamin B1, B3, B5, E, dan K.





Untuk tetap menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh selama pandemi, dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pisang dan pepaya secara rutin setiap hari. Tujuan untuk mengkonsumsi buah pisang dan pepaya adalah agar kandungan gizi dan vitamin dalam tubuh terpenuhi. Dengan terpenuhinya gizi dan vitamin dalam tubuh diharapkan mampu meningkatkan kekebalan imun tubuh, sehingga dapat menangkal serangan dari virus Covid-19.





Pastikan untuk mengkonsumsi dengan rutin kedua buah ini ya. Jika kamu ingin update informasi lebih lanjut, maka kamu bisa terus simak informasi di Kulinear. (TCT)

Halaman:

Editor: Rekha Azzi Fahmi Farezi - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X