Sate Blengong, sate yang unik dan lezat dari Brebes

- Selasa, 2 Maret 2021 | 11:00 WIB
Sate Blengong
Sate Blengong


Brebes? Tahukah kamu kota ini? Bagi yang belum tahu, Brebes merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Kota ini terkenal akan penghasil bawang dan telur asin. Selain itu, di kota dengan salah satu penduduk terbanyak di Jawa Tengah ini juga mempunyai ragam kuliner yang lezat. Salah satu kuliner yang harus dicoba ketika berada di Brebes adalah sate blengong.





Bahan utamanya, menggunakan daging Blengong





Melihat dari tampilan fisiknya, sate ini terlihat sama seperti dengan sate biasanya pada umumnya. Tapi tahukah anda apa yang membedakan sate blengong ini dengan sate lainnya? Yang membedakannya adalah daging yang digunakan dalam membuat sate ini. Sate pada umumnya menggunakan daging kambing atau ayam, sedangkan sate ini menggunakan daging blengon. Blengong merupakan hewan persilangan antara bebek dan mentok. Mungkin banyak yang bertanya bagaimana wujud dari hewan ini? Bagi yang penasaran ini nih makhluknya sebelum jadi sate, hehehe.






https://www.instagram.com/p/BV_A4AvB98O/?utm_source=ig_web_copy_link
Blengong. Foto : Instagram




Untuk proses penyajian sate ini pun berbeda dari sate pada umumnya. Dengan menggunakan tusuk sate yang lebih besar dan panjang, sehingga mampu menampung banyak daging satu tusuk sate tersebut. Selain itu yang membedakan adalah proses pembuatanya. Sate ini dibuat dengan merebus daging blengong dengan menggunakan bumbu santan dan menggunakan berbagai macam bumbu rempah lainnya dalam waktu yang lama. Tujuannya agar dagingnya terasa empuk dan bumbunya meresap kedalam. Terus bagaimana dengan rasa sate ini?





Banyak pejabat politik yang menyukai sate ini





Karena menggunakan daging blengong, tentunya membuat rasanya enak dan berbeda dari biasanya. Tekstur dari daging dengan serat seperti bebek ini, ternyata lembut ketika digigit. Meskipun memiliki serat seperti bebek, tapi dagingnya tidak menimbulkan bau anyir saat dinikmati. Selain dagingnya yang lembut, sate blengong ini mempunyai rasa pedas yang khas.





Saking terkenal akan kelezatannya, sate blengong ini menjadi makanan favorit bagi banyak pejabat negeri ini. Salah satunya adalah Presiden ke lima Indonesia, yaitu Ibu Megawati Soekarnoputri yang kabarnya sampai berkali-kali meminta sate ini untuk dikirim ke kediamannya.

Halaman:

Editor: Rekha Azzi Fahmi Farezi - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X