Barongko pisang, kue tradisional bugis yang kaya sejarah

- Rabu, 3 Maret 2021 | 15:00 WIB
Barongko Pisang
Barongko Pisang


Selain terkenal dengan pisang epe dan coto makassarnya, ternyata Makassar memiliki kue tradisional yang nikmat. Kue tradisional ini bernama barongko pisang. Sekilas bila diperhatikan tampilan fisik kue ini mirip kue tradisional dari Solo, Jawa Tengah yaitu carang gesing. Kue ini selain memiliki rasa yang nikmat, juga memiliki banyak sejarah. Penasaran?? Langsung saja simak informasi berikut ini.





Sejarah dan filosofi Barongko Pisang





Barongko pisang sebenarnya kue kukus yang terbungkus daun pisang, didalamnya terbuat dari pisang kepok yang sudah dihaluskan, kemudian dicampur dengan telur, santan, dan gula. Kue ini sudah ada sejak zaman kerajaan Bugis.





Kue ini dulunya termasuk dalam makanan mewah kerajaan, dengan cita rasa yang manis dan memiliki tekstur yang lembut. Hal ini dikarenakan Barongko Pisang ini dulunya hanya disajikan untuk kaum bangsawan dari kerajaan Bugis sebagai makanan penutup.





Barongko pisang juga memiliki nilai filosofis yang mendalam. Masyarakat Bugis juga menyebut kue ini dengan kue kejujuran, karena kue ini mengandung arti bahwa yang harus terlihat dari luar harus sama dengan apa yang ada di dalamnya, Maksudnya adalah apa saja yang dipikirkan dan dirasakan oleh manusia harus selaras dengan tindakan yang dilakukannya. Makna filosofis ini representasi dari kue barongko yang bahan utama adalah pisang yang kemudian dibungkus dengan tanaman yang sama dengan bahan utamanya yaitu daun pisang.





Cara mudah untuk membuatnya di rumah





Kue ini hanya dijumpai ketika ada acara pesta adat, pernikahan, Ramadhan atau upacara adat lainnya saja. Karena tidak bisa dijumpai dengan mudah, bagi yang ingin untuk mencobanya, dapat membuatnya di rumah. Berikut merupakan resepnya.

Halaman:

Editor: Rekha Azzi Fahmi Farezi - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X