6 Makanan pengganti nasi ini bisa mengubah pola makanmu yang monoton

- Sabtu, 6 Maret 2021 | 11:00 WIB
margarita-zueva-CY-OkOICA9o-unsplash
margarita-zueva-CY-OkOICA9o-unsplash


“Belum makan namanya kalau belum makan nasi” adalah anggapan yang perlu dihilangkan oleh masyarakat saat ini. Nasi tidak memberikan cukup gizi untuk tubuh, namun bisa jadi energi untuk tubuh sebelum melakukan aktivitas seharian.
Banyak makanan lainnya yang bisa dijadikan sebagai pengganti nasi. Makanan tersebut juga mengandung gizi-gizi yang baik untuk tubuh. Berikut ini ada 6 makanan pengganti nasi yang sama mengenyangkannya dan lebih menutrisi tubuh.





Makanan pengganti nasi, Kentang





Biasanya, kentang dikonsumsi oleh orang-orang yang menjalankan program diet atau sebagai cemilan biasa. Padahal kentang mengandung karbohidrat yang cukup tinggi dan memiliki gizi lain yang baik untuk kesehatan dibandingkan nasi.
Kentang bisa dikonsumsi setiap hari, baik untuk pencernaan, pengolahannya pun mudah. Kamu bisa membuat kentang jadi gado-gado, mashed potato, ataupun perkedel. Dengan dukungan makanan lainnya, kentang bisa beradaptasi di lidah layaknya nasi.





Makanan pengganti nasi, Ubi






https://www.instagram.com/p/B_EQTqqD4YI/?igshid=mik39xdvb5bn
Kue ubi. Foto: Instagram




Makanan yang satu ini jarang dikonsumsi secara rutin. Ubi biasanya dikonsumsi dalam bentuk ubi rebus, kue, dan keripik. Sifat ubi sama seperti nasi, mengenyangkan dan bisa memberimu energi yang cukup untuk beraktivitas sehari-hari. Tidak ada salahnya kan mencoba konsumsi ubi secara rutin sebagai pengganti nasi?





Oatmeal





Yang satu ini jelas jarang digunakan sebagai makanan pengganti nasi. Sebagian besar orang menganggap oatmeal hanya berlaku ketika diet. Padahal, oatmeal mengandung karbohidrat, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh.
Memang, oatmeal juga mengandung gula yang cukup tinggi, sehingga kamu harus melakukan pengolahan yang tepat jika ingin mengonsumsi oatmeal secara rutin.





Jagung





Seperti apa biasanya kamu mengolah jagung? Dikukus, diblender, atau digoreng? Cara aman mengolah jagung adalah membuatnya seperti lepet jagung, yaitu dihaluskan dan dibuat jadi adonan yang dibalut kulit jagung itu sendiri.
Kandungan jagung yang banyak gizi bisa dikonsumsi secara rutin dengan cara pengolahan yang berbeda-beda. Mungkin hari ini kamu akan mengolahnya menjadi bakwan, besoknya menjadi bubur jagung, dan seterusnya.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X