Sate Martawi Cilacap, Sate dengan potongan daging yang tebal

- Jumat, 26 Maret 2021 | 07:00 WIB
Sate Martawi
Sate Martawi


Cilacap merupakan salah satu daerah di Jawa tengah yang berada di bagian selatan pulau Jawa yang berdekatan langsung dengan Laut Selatan. Laut Selatan terkenal dengan ombak dan pemandangannya yang indah. Banyak wisatawan yang sengaja datang ke Cilacap untuk menikmati liburan atau sekedar bersantai menikmati deburan ombak pantai. Selain menikmati wisata pantai, banyak juga yang berkunjung untuk menikmati kuliner khas Cilacap. Ada banyak pilihan kuliner khas yang berasal dari Cilacap. Sate Martawi merupakan kuliner khas yang berasal dari Cilacap. Berikut merupakan penjelasan lengkap tentang kuliner khas Cilacap ini.





Yang membedakan sate Martawi dengan sate lainnya





Sate merupakan kuliner yang sudah terkenal di Indonesia. Saking terkenalnya kuliner sate ini memiliki banyak varian. Setiap varian memiliki citarasa dan keunikannya sendiri, tergantung dari mana daerahnya. Di Cilacap memiliki pilihan sate yang memiliki ciri khasnya sendiri yaitu Sate Martawi.





-
Sate Martawi. Foto: inibaru.id




Sate Martawi merupakan olahan sate yang terbuat dari daging ayam yang disajikan dengan menggunakan bumbu sambal kacang. Sekilas kuliner ini mirip dengan sate khas daerah kebumen yaitu Gagrak. Namun perbedaannya yaitu pada sambal yang digunakannya. Jika Sate Martawi menggunakan sambal bumbu kacang, sedangkan Gagrak menggunakan Sambal yang terbuat dari tempe yang dihancurkan.





Selain itu yang membedakan dengan sate lainnya, adalah potongan daging untuk kuliner khas cilacap ini lebih besar dan tebal dari yang lainnya. Saking tebal dan besarnya dibutuhkan 2 tusuk sate untuk membakarnya. Pemakaian 2 tusuk ini bertujuan, ketika sate sedang dibakar supaya bisa direnggangkan agar daging ayamnya memiliki kematangan yang sempurna sampai ke dalam. Untuk tekstur daging ayamnya sangatlah empuk gurih dan bumbunya terasa manis. Karena Sebelum dibakar, satai terlebih dulu direndam dalam racikan bawang merah, bawang putih, dan kecap manis.





Harga satu porsinya sangat terjangkau





Kuliner ini biasanya paling nikmat jika dinikmati pada siang hari atau malam hari seusai pulang kerja. Untuk pelengkap kuliner ini biasanya menggunakan lontong sebagai pengganti nasi. Bagi yang penasaran ingin menikmati gurih dan manisnya kuliner ini, bisa langsung saja datang ke Cilacap. Biasanya terletak di  di Jalan Brigjen Katamso No. 56, Cilacap, Jawa Tengah, tidak jauh dari alun-alun kota. Satu porsi kuliner ini sangatlah terjangkau, biasanya terdiri dari 10 tusuk sate yang harganya berkisar antara Rp. 17.000,- sampai dengan Rp. 25.0000,-

Halaman:

Editor: Rekha Azzi Fahmi Farezi - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X