Berbagai jenis sate di Indonesia, tiap daerah punya cita rasa yang unik

- Selasa, 30 Maret 2021 | 16:00 WIB
a4a39c0ff0dd8753a29b57464a7692c0
a4a39c0ff0dd8753a29b57464a7692c0


Sate di Indonesia ada berbagai macam yang berasal dari berbagai daerah. Ada yang terbuat dari daging ayam, sapi, dan kambing. Masing-masing sate diproses dan dihidangkan dengan ciri khasnya masing-masing.
Berikut ini ada macam-macam sate di Indonesia yang wajib kamu tahu dan bisa jadi referensi hidangan di saat acara-acara besar.





Macam-macam sate, Sate Madura





Kuliner khas Madura ini menggunakan daging ayam atau kambing. Untuk daging ayamnya menggunakan bumbu kecap manis dan gula jawa, petir, kemiri, dan garam, serta campuran bawang putih, bawang goreng, dan kacang tanah goreng yang dihaluskan.
Untuk daging kambingnya, sate dihidangkan dengan kecap manis, irisan bawang merah dan cabai rawit.





Macam-macam sate, Sate Ponorogo





Sate ini merupakan sate khas Ponorogo yang terbuat dari daging ayam. Biasanya, sate Ponorogo dihidangkan dengan saus sambal kacang dan irisan lontong. Jika ke Ponorogo, jangan lupa makan sate ini dengan lontongnya sekali.





Macam-macam sate, Sate Padang





-
Resep Sate Padang
Photo by Pinterest




Sate ini tak kalah populer dari sate lainnya. Kuliner asal Minangkabau ini terbuat dari daging sapi atau kambing yang direbus dengan bumbu, lalu dipanggang. Sate padang dihidangkan dengan saus kuah kuning yang dibuat dari tepung beras, kaldu sapi, dan bumbu rempah khas Padang.





Sate Maranggi






https://www.instagram.com/p/CMwlrobLDx2/?igshid=amurmhfj4sa7
Sate maranggi. Foto: Instagram




Kuliner khas Purwakarta ini menggunakan daging kambing yang dibumbui dengan potongan tomat dan irisan cabe. Kuliner ini berbeda dari sate kambing lainnya karena irisan daging kambing harus direndam dengan pasta cabai hijau dan cuka tebu, lalu dinikmati dengan irisan bawang merah dan irisan tomat.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X