Lumpianya Asia Tengah nih, bentuk segitiga aneka isian dijamin krenyess

- Minggu, 4 Juli 2021 | 10:00 WIB
samosa
samosa


Camilan gorengan merupakan camilan terpopuler yang memiliki banyak penggemar setia di baliknya. Meskipun dianggap kurang menyehatkan karena banyak micinnya lah, pakai bumbu penyedap lah, terlalu berminyak lah, dan lain sebagainya. Nyatanya gorengan tetap terpilih menjadi camilan terfavorit semua kalangan. Tiap negara tentunya memiliki camilan gorengan mereka masing masing. Salah satunya yang akan dibahas yaitu Samosa India, Samosa yang berasal dari India. Sebenarnya tak hanya di India, Samosa juga terkenal di Asia Tengah, Asia Selatan, Singapura, Indonesia, Malaysia, dan Arab. Tentunya dengan nama yang berbeda khas daerahnya masing masing.





Isian sehat dibalik kulit Samosa super kriuk





Samosa adalah gorengan yang berupa pastri atau lumpia berbentuk segitiga. Isiannya aneka seperti kentang, sayuran, bawang dan bumbu rempah lainnya. Siapa sangka kalau Samosa ini telah ada di wilayah Asia Tengah sejak berabad abad. Sejak lama pula makanan ini menjadi favorit wilayah Asia Selatan.






https://www.instagram.com/p/CQ0xRLvldXv/
Samosa. Foto: Instagram




Camilan Samosa India ini cocok banget lho buat kamu yang vegetarian, karena isinya yang terdiri dari tepung terigu, bawang bombay, kentang, kacang kapri, ketumbar, dan cabai hijau. Lalu, bisa dimakan dengan dicocolkan ke saus cocol yang disebut chutney, ada chutney daun mint, chutney asam jawa, dan chutney ketumbar. Tak hanya chutney, Samosa juga disajikan dengan yogurt, irisan bawang bombay, ketumbar, dan chaat masala.





Bagi kamu yang non vegetarian tenang aja ya guyss, kalian bisa kok mengganti isiannya dengan daging cincang, daging ikan, daging domba, kentang, dan labu. Hmmm, kebayang dong sesehat apa camilan gorengan satu ini disamping rasanya yang super maknyuss.





Samosa tergolong makanan internasional karena tersebar di berbagai negara wilayah Asia. Hal ini membuat Samosa tak memiliki resep patennya. Ukuran, isian, tekstur, dan ketebalan kulit Samosa juga berbeda beda, tergantung kepada resep dan selera tiap negara. Tapi, yang menjadi ciri khas utama dari samosa adalah bentuknya yang berupa segitiga. Samosa dijual digerai yang disebut dengan chaat.

Halaman:

Editor: Rosita Maela Sari - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB

Terpopuler

X