Mie Belitung, Mie pedas manis gurih yang dipengaruhi oleh 3 bangsa

- Senin, 5 Juli 2021 | 18:00 WIB
novijanuarsi_20210705_2
novijanuarsi_20210705_2


Masih seputar kuliner Nusantara, namanya mie belitung. Mie khas Belitung ini berupa hidangan khas Belitung yang disajikan dengan mie kuning, diberi potongan kentang rebus, tahu goreng, tauge, udang, dan emping melinjo, Kemudian disiram dengan kuah.





Terdapat tambahan lada asli dari Belitung





Tekstur mie Belitung cenderung lebih kenyal, rasanya manis, gurih, dan pedas karena ada tambahan lada asli dari Belitung.
Menurut Fitroh Rozi seorang budayawan Belitung mengatakan bahwa “yang Paling menguatkan karakter makanan dalam mie Belitung itu adalah spicy atau kehangatan dari rempah-rempah nya yang ditimbulkan oleh lada”.





Mie khas Belitung dipengaruhi oleh tiga bangsa





-
mie Belitung alas daun simpor. foto: Instagram




Sahabat kulinear, mie belitung adalah kuliner yang dipengaruhi oleh tiga bangsa. Mie berasal dari Tiongkok yang dibawa ke Belitung, adanya tambahan kentang goreng berasal dari Belanda nih. Sejak tahun 1850 kentang menjadi makanan pokok orang Belanda, sedangkan kuah udang menunjukkan potensi hasil laut Bangka belitung sangat melimpah.





Mie khas Beliung, menjadi incaran para wisatawan





Ketika menyajikan mie Belitung disarankan untuk langsung memakannya, karena kalau sudah dingin tekstur kuahnya bisa menjadi keras, mirip seperti jelly.
Temen-temen mie Belitung menjadi incaran wisatawan yang datang ke Belitung. Soal harganya tidak mahal-mahal banget kok, masih dibawah 50 ribu rupiah per porsi. Gimana nih, ada rencana ke Belitung buat nyicipin mie Belitung ini?.





Bahan yang digunakan cukup sederhana





Akan tetapi, kalau kalian mau mencoba membuat sendiri di rumah juga bisa kok. Bahan – bahan uang dibutuhkan ada bahan pelengkap seperti potongan tahu. Tahu adalah kuliner yang dipengaruhi oleh etnis Tionghoa. Untuk sumber karbohidratnya bukan cuma mie saja, melainkan ada kentang goreng. Sedangkan untuk bumbunya terdiri dari bawang merah, bawang putih, dan jahe, tidak ketinggalan juga lada asli Belitung. Teman – teman, lada bisa menghangatkan tubuh lho. Untuk kuah mie Belitung, ada sedikit tambahan larutan tepung maizena, tujuannya agar tekstur kuah sedikit kental.

Halaman:

Editor: Putri Dea Nabil Latifah - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X