Sop konro dan konro bakar dari iga sapi lezatnya bikin ketagihan

- Kamis, 8 Juli 2021 | 15:00 WIB
hendrikpyong_20210706_18
hendrikpyong_20210706_18


Sop konro atau konro bakar khas Makassar bisa jadi pilihan kuliner yang harus kamu coba. Kuliner ini bisa manjakan lidah kalian, enak dan segar. Teman – teman, sop konro adalah hidangan sop tradisi Bugis, sop konro iga sapi sebenarnya sama seperti sup yang kita kenal, akan tetapi isinya berupa iga sapi dengan kuah rempah yang kuat.





Kelezatan sop konro dan konro bakar





Warna hitam pada kuahnya karena ada tambahan keluwak, sedangkan konro bakar juga sama kok terbuat dari iga sapi bakar dan direbus seperti sup konro, kemudian disajikan dengan bumbu kacang khas Makassar. Taburan bawang goreng di atasnya bikin citarasa sop konro bakar lebih sedap. Supaya makin mantap sop konro disajikan dengan nasi hangat ya.





-
Sop konro. Foto: Instagram





Dalam proses pembuatan sop konro dibutuhkan bahan rempah seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, keluwak, daun salam, jahe, jintan, kayu manis, buah pala, lada, gula dan garam. Semua bumbu rempah harus dihaluskan dan ditumis dengan margarin. Semua rempah – rempah ini bisa menghilangkan bau amis iga sapi. Iga sapi dimasak sampai benar – benar matang dan bumbu meresap sempurna.





Oh iya nih teman – teman sedikit info, keluwak adalah tanaman asli dari Indonesia, biasa dipakai untuk campuran rawon. Keluwak orang Eropa menyebutnya “false durian “ karena baunya yang menyengat. Tetapi tenang aja, kalau dimasak baunya hilang kok.





Kuliner khusus sebagai hidangan di acara penting





Sop konro merupakan hidangan wajib saat hajatan, pernikahan, khitanan, sampai pesta adat.
Bagi masyarakat setempat sop konro diyakini bisa meningkatkan kekebalan tubuh, bahkan aneka rempah di dalamnya bisa mengatasi demam atau flu, pokoknya usai menyantap hidangan ini membuat tubuh segar, apalagi kalau masih hangat.

Halaman:

Editor: Putri Dea Nabil Latifah - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X