Nasi mandhi khas Timur Tengah dimasak dengan dikubur dalam tanah

- Jumat, 16 Juli 2021 | 16:00 WIB
jibrhiz_20210710_27
jibrhiz_20210710_27


Kalian pernah cobain kuliner asli timur tengah? Namanya Nasi Mandhi. Nasi Mandhi merupakan kuliner Populer di jazirah Arab, seperti Yaman, Turki, Mesir dan Arab Saudi. Nasi mandhi dijadikan sebagai makanan pokok sehari-hari di negaranya timur tengah. Mengapa bisa sampai di Indonesia? Karena dulu diperkenalkan oleh masyarakat Arab yang tinggal di Palembang. Jika di Indonesia lebih populer dengan nasi Mandhi ayam.





Sahabat kulinear, Nasi mandhi ayam memiliki citarasa yang cocok dengan lidah masyarakat Indonesia lho. Sehingga tidak heran, jika Nasi mandhi ayam menjadi masakan favorit jamaah Indonesia yang sedang beribadah di tanah suci.





Nasi mandhi kaya akan rempah-rempah






https://www.instagram.com/p/COPbSG9rDOR/?utm_medium=share_sheet
Nasi mandi Timur Tengah. Foto : Instagram




Nasi mandhi menggunakan aneka rempah-rempah, walaupun begitu baunya tidak menyengat. Citarasanya gurih dan tidak terlalu asin, yummy dilihat dari warnanya saja menggoda banget ya hehe. Jelas terlihat bahwa Nasi mandhi ayam ini Bumbunya meresap sampai ke tulang. Daging ayam maupun kambing empuk banget, pokoknya mantap bangetlah.





Nasi mandhi memiliki aroma yang khas karena memakai banyak rempah-rempah. Bumbunya memang jarang ditemui di pasar Indonesia, tapi kalian bisa temui di toko rempah-rempah Arab atau India. Bumbu yang digunakan antara lain : safron, kapulaga, daun waragah dll.
Safron inilah yang menjadi bumbu wajib untuk membuat Nasi mandhi, akan tetapi harganya cukup mahal yaitu 1 gramnya bisa mencapai 1 real atau sekitar 500 ribu rupiah.





Kok bisa sih namanya Nasi mandhi?





Menurut kalian kenapa namanya mandhi?
Jadi, Mandhi berasal dari bahasa Arab yang artinya menetes, maksudnya menetes ini karena bumbu dan minyak samin yang dioleskan pada daging ayam bisa menetes sampai kebagian bawah nasi. Oleh karena itu kuliner ini disebut nasi mandhi.

Halaman:

Editor: Putri Dea Nabil Latifah - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X