Lezatnya tauto soto khas Pekalongan, menu spesial lebaran

- Senin, 19 Juli 2021 | 18:00 WIB
dapur_resep_20210712_4
dapur_resep_20210712_4


Hallo sahabat kulinear, Kota Pekalongan selain dikenal sebagai kota batik, juga punya kuliner lezat-lezat lho. Salah satunya adalah kuliner tauto, sajian ini populer karena rasanya yang gurih dan lezat.
Tidak lengkap rasanya ya, jika berkunjung ke kota Pekalongan tapi tidak mencoba kuliner khasnya.





Tauto sering disebut sebagai soto Pekalongan, akan tetapi kuliner ini punya perjalanan sejarah lho. Dalam penyajian satu mangkuk tauto terdiri dari mie bihun, daging sapi, daun bawang. Kemudian disiram dengan kuah tauto yang gurih, biar makin mantap lagi tambahkan juga kecap manis dan bawang goreng.





Kalian tahu enggak? Kalau dulu tauto disajikan dengan daging kerbau. Karena di daerah sini sulit dijumpai, akhirnya diganti dengan daging sapi hingga sekarang.





Sejarah singkat Tauto Pekalongan





-
Tauto Pekalongan, foto: Instagram




Sebenarnya tauto itu apa sih?
Gays, tauto itu adalah singkat dari soto Tauco. Tauto sebenarnya berasal dari kata caudo atau soto khas Tiongkok dan tauco bumbu India.
Menurut sejarah, tauto Pekalongan merupakan hidangan yang berasal dari 2 perpaduan budaya yaitu India dan Tionghoa, tetapi diracik dengan rempah-rempah khas Indonesia.






Sahabat kulinear, soto Pekalongan banyak diburu pelanggan saat jam makan siang. Apalagi kalau akhir pekan atau libur lebaran tambah rame deh, kalau enggak cepet, siap-siap nggak kebagian nih hehe.

Halaman:

Editor: Putri Dea Nabil Latifah - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X