Segarnya Es Goyobod khas Garut dijamin ademkan pikiran dan mood kamu

- Kamis, 22 Juli 2021 | 10:00 WIB
rikaekawati_20210717_5
rikaekawati_20210717_5


Halo babaturan sedaya, habis makan kuliner pedes, emang pas banget minum yang seger-seger. Es Goyobod khas Garut Jawa Barat bisa jadi pilihannya nih, dijamin seger dan mantul. Satu gelas Es Goyobod berisi kelapa muda, mutiara, alpukat, potongan roti, kuah santan, gula cair dan susu kental manis. Wah, lengkap banget nih isinya, kebayang gak sih rasa manis dan segernya. Apalagi kalau diminum saat musim kemarau gini, nyegerin hati dan pikiran pastinya hehe.





Goyobod itu apa sih?





Goyobod dalam bahasa Sunda artinya berwarna putih agak keabuan.





Cara membuatnya yaitu dengan melarutkan tepung dengan air dingin. Setelah itu, saring untuk memisahkan kotorannya, lalu tuangkan air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk terus agar teksturnya tidak menggumpal.





Lama kelamaan tepung sagu aren akan mengental, tinggal dicetak saja nih. Adonan goyobod dituangkan kedalam loyang dan diamkan sebentar. Setelah itu, tekstur goyobod menjadi padat, nah saat itulah goyobod dipotong atau dicacah menjadi kecil-kecil. Bentuk dan teksturnya mirip agar-agar, warnanya hampir mirip seperti dawet.





Kunci kesegaran es Goyobod






https://www.instagram.com/p/B3MVv4rBanj/?utm_medium=share_sheet
Es Goyobod. Foto : Instagram




Sedangkan kunci untuk membuat kuah santan yang khas, adalah dengan memeras parutan kelapa dengan air pandan yang sudah direbus dulu sebelumnya. Setelah keluar saripati kelapa, tinggal disaring saja deh. Nah, proses ini akan menambah aroma daun pandan yang lebih khas, selain itu akan membuat santan menjadi tahan lama dan tidak cepat basi.

Halaman:

Editor: Putri Dea Nabil Latifah - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X