Es kopyor minuman segar manis penghilang dahaga di siang hari

- Minggu, 25 Juli 2021 | 20:00 WIB
es kopyor
es kopyor


Kesegaran es kopyor





Es kopyor siapa yang tidak tahu akan minuman segar satu ini? Es ini berbahan utama dari daging kelapa kopyor disajikan dalam keadaan dingin dengan tambahan sirup  dan susu kental manis. Ada juga dnegan tambahan isian lainya pendamping kelapa kopyornya seperti nutrijell, biji selasih dan pendamping lainnya. Minuman segar manis ini hampir mudah ditemui di berbagai macam daerah. Mudah sekali ditemukan di pinggir jalan dan dijual oleh pedagang kaki lima. Minuman satu ini biasa dinikmati di siang hari kala matahari sedang terik-teriknya, sebagai penghilang dahaga sekaligus penghilang penat. Dengan menikmati minuman dingin es kopyor, rasa haus dan juga capai menguap begitu saja. Digantikan dengan kesegaran dan rasa manis dari minuman satu ini.






https://www.instagram.com/p/B_ZZU6Ujht7/?utm_medium=share_sheet
es kopyor/foto:instagram




Perbedaan kelapa kopyor dan kelapa umumnya





Kelapa kopyor berbeda dengan kelapa lainnya. elapa kopyor memiliki daging lebih lunak dan memiliki cita rasa yang lebih manis, dibanding dengan daging kelapa pada umumnya.





Jika buah kelapa kopyor ini dibelah maka dagingnya akan menggumpal menjadi satu dan sudah terlepas dari bathok kelapanya.





Berbeda dengan buah kelapa pada umumnya daging harus dikerok terlebih dahulu agar bisa lepas dari batok kelapanya. Dengan itu maka harga dari kelapa kopyor lebih mahal dibanding dengan kelapa pada umumnya.





Hal itu karena tidak semua buah kelapa bisa kopyor semua. Kelapa kopyor merupakan kelapa yang memiliki kelainan genetik pada pertumbuhan buah kelapa. Maka dari itu tidak semua buah kelapa bisa kopyor. Dari penjualan kelapa kopyor yang sering kita temui di pedagang kaki lima maupun di rumah makan, itu biasanya menggunakan kelapa kopyor sintetis. Di mana pembuatannya menggunakan bahan utama agar-agar atau jelly. Bahan tadi dicampurkan dengan santan kelapa dan di bentuk dengan layaknya daging kelapa asli. Kelapa kopyor sintetis ini memiliki tekstur yang empuk dan lunak, layaknya kelapa kopyor asli. Meskipun begitu rasa dari kelapa sintetis ini tidak kalah nikmatnya dengan kelapa kopyor asli. Dan tentunya harga bisa lebih terjangkau. Hingga kita bisa menikmatinya dengan mudah tanpa perlu menunggu daging kelapa kopyor yang alami.   

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X