Kari rajungan pedas bumbu Nusantara yang dipengaruhi oleh negara India

- Senin, 26 Juli 2021 | 08:00 WIB
maktiendailyfood_20210723_3
maktiendailyfood_20210723_3


Siapa disini yang suka makanan super pedes? Kenalin makanan khas Tuban ini. Kuliner ini namanya kari rajungan, hmm dari nama saja udah pasti pedes nih. Sebenarnya ada 2 menu rajungan yang menjadi pilihan, yaitu kari rajungan dan rajungan tepung. Rasanya sama enaknya dan pedas tentunya, jadi kalian pilih yang mana nih?.





Satu porsi kari rajungan ini ukurannya jumbo banget, bisa disantap sampai 4 orang, kalau mau disantap sendiri yakin nih kuat ngabisin? Waduh jadi gagal diet, nih, hehe. Rasa pedas pada penambahan bumbu rempah ini bukan tanpa sebab. Rempah dipercaya bisa menghangatkan tubuh agar tidak mudah sakit atau masuk angin, karena sebagian besar masyarakat Tuban berprofesi sebagai nelayan. Ternyata bukan hanya itu saja, bumbu rempah juga bisa meningkatkan nafsu makan dan menghilangkan bau amis pada makanan laut.





Nah, sekarang langsung aja yuk intip bumbu rempah untuk membuat kari rajungan.





Kari rajungan dengan bumbu Nusantara






https://www.instagram.com/p/CCYa-5ZMiTC/?utm_medium=share_sheet
Kari rajungan bumbu Nusantara. Foto : Instagram




Bumbu rempah penting untuk kari rajungan yaitu bawang putih, Ketumbar, cabai merah, cabai rawit, kunyit, dan kemiri. Untuk proses memasak juga mudah, tumis dahulu semua bumbu halus beserta sereh dan daun jeruk. Selanjutnya tuangkan santan dan masukkan rajungannya. Tapi sebelum itu, rajungan harus dikukus dulu ya, proses pengukusan rajungan untuk olahan kari dianjurkan agar rajungan matang tanpa harus kehilangan nutrisinya.





Awalnya dipengaruhi oleh negara India





Sahabat Kuliner, kari merupakan olahan yang berasal dari Asia Selatan tepatnya di India. Pada awalnya, bumbu yang dipakai untuk membuat kari ada banyak jenisnya dan bisa mencapai puluhan. Tapi sekarang, jenis bumbu kari yang dipakai bisa menyesuaikan daerah masing-masing, kalau di Tuban rempahnya seperti kuah bumbu kuning. Agar rasanya lebih mirip dan mantap tambahkan juga bubuk kari ya teman-teman.

Halaman:

Editor: Putri Dea Nabil Latifah - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X