Kue bandros jajanan legend, dulu mulai ditinggalkan sekarang banyak diminati

- Minggu, 25 Juli 2021 | 12:00 WIB
resepjajananpasar__20210723_2
resepjajananpasar__20210723_2


Jangan sampai kelewatan buat nyobain Bandros camilan khas Sunda ini. Jajanan legend ini namanya kue bandros. Sekilas bentuknya mirip dengan kue pukis, karena memang menggunakan cetakan yang serupa. Di daerah Bandung, kalian bisa dengan mudah menemukan penjual Bandros.
Sahabat kulinear, Bandros memiliki beberapa jenis lho, ada Kue bandros asin dan Kue bandros manis. Nah, kira-kira kalian lebih suka yang asin apa manis?.





Kue bandros dulu mulai ditinggalkan






https://www.instagram.com/p/CNXKRYzMvVK/?utm_medium=share_sheet
Kue pancong alias bandros. Foto : Instagram




Kue bandros jadul ini, sebenarnya sudah mulai ditinggalkan. Namun akhirnya, kini mulai mengikuti perkembangan zaman agar kue bandros bisa diterima oleh semua kalangan, tidak cuma dikenal oleh masyarakat kelahiran 90 an saja. Salah satunya melakukan inovasi dengan memberikan berbagai jenis topping yang menarik perhatian. Namun, dari segi resep pembuatannya tetap mempertahankan bahan yang ada sejak era 90an. Bahan utamanya terdiri dari tepung beras, tepung ketan, gula, garam dan kelapa parut.





Sejarah singkat kue bandros





Sahabat kuliner, berdasarkan sejarahnya, kue bandros udah ada sejak pengaruh pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1900an. Saat itu mereka memperkenalkan tepung di kota Bandung dan daerah Priangan.





Dahulu tepung terigu hanya digunakan oleh kalangan bangsawan saja. Lalu masyarakat kalangan bawah memutar otak agar bisa menikmati olahan tepung dengan harga yang terjangkau. Lalu dibuatlah olahan dengan tepung beras, yang menjadi makanan pokok orang Sunda. Nah, saat itulah muncul kue bandros tepung beras.





Inovasi dengan berbagai jenis topping





Kue bandros manis atau asin dicetak dengan cetakan khusus seperti kue pukis, sebelumnya olesi cetakan dengan mentega agar tidak lengket ya. Berbeda dengan pukis, kue bandros pada bagian tengah adonan diberi lubang untuk meletakkan topping-nya. Topping tersebut juga disesuaikan minat orang-orang sekarang lho, ada green tea, cokelat, keju, dll. Warna kue bandros juga tidak hanya putih saja, ada merah dan hijau.

Halaman:

Editor: Putri Dea Nabil Latifah - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X