Mie ongklok Wonosobo, kuliner legendaris dengan kuah kental unik

- Senin, 26 Juli 2021 | 11:00 WIB
_ayudelight_20210723_1
_ayudelight_20210723_1


Siapa di sini yang suka makan mie? kita coba yuk salah satu kuliner mie legendaris dari Wonosobo. Namanya mie ongklok, menu ini merupakan mie yang populer dari Dieng Wonosobo. Mie ongklok terbuat dari mie kuning dan kuah kental dengan citarasa manis dan gurih.





Kenapa namanya mie ongklok?





Mie awal mulanya dikenal sebagai makanan yang berasal dari Tiongkok. Menurut sejarah, dahulu saat mie mulai masuk ke Indonesia, lalu dimodifikasi dengan. Bumbu dan rasa khas Nusantara. Nah, salah satu modifikasi adalah mie ongklok Wonosobo ini.





Sahabat kuliner, satu porsi mie ongklok wonosobo biasanya disajikan dengan sayuran pelengkap seperti daun kucai, daun kenci, dan kol. Sayuran tersebut dicelupkan kedalam air mendidih selama beberapa detik saja. Nah, cara inilah yang disebut dengan ongklok, karena proses tersebut menggunakan alat yang bernama ongklok atau saringan keranjang kecil dari bambu. Sehingga, sajian ini diberi nama mie ongklok.





Kunci keunikan pada mie ongklok





-
Mie ongklok Wonosobo, Foto: Instagram




Kunci keunikan mie ongklok salah satunya adalah berisikan baceman seperti tahu dan tempe. Baceman adalah menu yang berasal dari Jawa tengah dan Yogyakarta serta memiliki rasa yang manis.





Bacem merupakan salah satu cara untuk mengawetkan Makanan secara alami tanpa bahan pengawet. Bumbunya seperti ketumbar, bawang merah, bawang putih, gula Jawa, dan kecap.

Halaman:

Editor: Putri Dea Nabil Latifah - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X