Gudeg Manggar Jogja, kuliner langka yang punya cerita sejarah menarik

- Rabu, 28 Juli 2021 | 15:00 WIB
dianfatma_45_20210725_4
dianfatma_45_20210725_4


Kali ini kita akan mengulas kuliner khas dari kota Yogyakarta. Menu ini dikenal dengan nama gudeg Manggar Jogja, sekilas hidangan ini masih sama kok dengan gudeg gori atau nangka muda. Kedua kuliner ini menjadi menu andalan kota Jogja.





Kalian harus tahu nih, bahwa gudeg manngar terbuat dari bunga kelapa lho. Jangan dikira bunga kelapa nggak bisa diolah, buktinya bisa jadi hidangan gudeg yang lezat abis. Bunga kelapa memiliki tekstur yang renyah saat digigit.





gudeg manggar jogja dan sejarahnya





-
gudeg Manggar,foto: Instagram




Pada awalnya, gudeg Manggar Jogja hanya dihidangkan saat acara besar atau penting saja dan hanya bisa disantap oleh orang-orang tertentu saja lho. Wah, kenapa bisa gitu ya? Kira-kira apa sih istimewanya kuliner gudeg manggar ini? Salah satunya, ya karena merupakan menu legendaris dan penggunaan bunga kelapa yang unik.





Selain keistimewaan dari rasanya, gudeg manggar juga punya cerita sejarah yang menarik nih. Menurut sejarah, gudeg manggar ada sejak awal berdirinya kesultanan Mataram. Menu ini diciptakan oleh putri Pembayun, yang merupakan Puteri dari panembahan Senopati.





Sejak menikah putri pembayun tinggal di Mangir atau daerah penghasil kelapa. Beliau kemudian mencoba membuat olahan gudeg dari manggar. Nah, dari situlah olahan gudeg manggar dikenal hingga sekarang.

Halaman:

Editor: Putri Dea Nabil Latifah - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X