Kue Ipau Banjar dengan bumbu Nusantara disebut mirip kue Italia

- Kamis, 29 Juli 2021 | 13:00 WIB
islandsofflavour_20210710_8
islandsofflavour_20210710_8

Kalian udah pernah nyobain belum kue dengan citarasa gurih?. Kalau biasanya kan, kue identik dengan rasa yang manis dengan aneka topping buah atau krim gitu kan. Sedangkan kue Ipau Banjar ini memilih bawang goreng dan daun seledri sebagai topping-nya.

kue Ipau Banjar mirip lasagna


Sahabat kulinear, kue ini adalah kue Ipau Banjar. Kue ini merupakan kue khas masyarakat keturunan Arab yang kebetulan tinggal di kota Banjarmasin. Kue ini disebut mirip dengan kue lasagna. Lasagna adalah kuliner tradisional dari negara Italia.
Kue Ipau Banjar dilihat dari tampilannya merupakan perpaduan dari Timur Tengah dan Melayu. Kue ini hanya bisa ditemui saat bulan Ramadan saja. Banyak orang memburu kuliner ini karena rasanya gurih yang berasal dari santan.

https://www.instagram.com/p/Bw6kV02HpAc/?utm_medium=share_sheet
Kue ipau. Foto: Instagram

Proses pembuatan


Sekarang, kita cari tahu yuk apa sih bumbu yang membuat kuliner ini gurih kebangetan? Bumbu yang dipakai ada kemiri, sereh, bawang merah dan putih, lengkuas dan kunyit. Tidak lupa juga, santan, gula merah, margarin, telur dan tepung terigu. Sedangkan isiannya, ada kentang, wortel, daging sapi cincang, dan pasta.

Langkah pertama, buat isiannya dahulu. Caranya adalah haluskan semua bumbu rempahnya lalu tumis bersama kentang, wortel, pasta dan dagingnya.
Sedangkan untuk membuat adonan kue, semua bahan dicampur dan diaduk menggunakan mixer.

Selanjutnya, proses membuat lapisan kue. Caranya seperti membuat martabak kulit, dengan menuangkan adonan pada teflon lalu digoyang-goyang agar rata ke seluruh permukaannya.
Untuk membuat lapisan kue ipau, jangan terlalu tebal ya. Jangan pula, terlalu lama diatas penggorengan nanti bisa terlalu kering, karena lapisannya tipis.

Sahabat Kulinear, tata adonan secara bertingkat.
Pertama, kita tata dahulu lapisan luarnya, lalu beri isian. Kemudian kita beri campuran santan, telur dan margarin, diatasnya. Lalu ulangi proses yang sama pada lapisan berikutnya, nah cara ini seperti membuat kue lapis ya. Untuk tingkatan lapisannya tergantung selera kalian kok. Proses terakhir adalah mengukus selama kurang lebih 15 menit.

Manfaat kue ipau

Selain gurih dan nikmat kue ipau juga punya manfaat lho. Diantara adalah menjadi sumber lemak yang baik, menurunkan kadar kolesterol dan terdapat vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.
Selain itu kandungan antioksidan pada kue ipau dapat membantu mencegah penuaan, menjaga keindahan rambut, dan kesehatan kulit wajah. Tapi, tetap konsumsi dalam jumlah yang tepat ya.

Untuk ulasan kuliner inspiratif lainnya, yuk follow Kulinear (TCT)

Editor: Putri Dea Nabil Latifah - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X