Es klepon unik, dessert tradisional khas Indonesia jadi minuman kekinian

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 06:00 WIB
m22_minicafe_20210802_0
m22_minicafe_20210802_0


Siapa sih yang nggak kenal dengan hidangan penutup ini. Itu loh, yang bentuknya bulat hijau, teskturnya kenyal dan isiannya gula merah, serta ada taburan kelapa parutnya. Yaps, pasti kalian udah bisa nebak kalau ini adalah klepon. Tapi siapa sangka, kalau klepon nggak cuman buat camilan, bahkan bisa dijadikan es yang super seger lho, namanya es klepon unik dan seger. Kalau di ranah Minang klepon sering disebut onde-onde. Sedangkan di Jawa onde-onde itu jenis makanan yang berbeda, bentuknya bulat dan isinya biasanya kacang dan ada taburan wijennya.





Es klepon unik kekinian





-
Es klepon. Foto: Instagram




Sahabat kulinear, ternyata klepon punya cerita sejarah yang unik dan menarik untuk kita bahas. Konon dahulu, klepon dibuat oleh seorang anak perempuan yang tinggal bersama ibunya. Karena ibunya sakit, maka anak tersebut membuatkan kue kering. Kemudian ia memanfaatkan beras dan menumbuknya.





Karena proses membuat kue kering lama, maka ia menggunakan beras yang sudah dihaluskan tadi. Ia menyisipkan gula merah lalu merebusnya dan membiarkannya mengapung. Kue ini pun diberi taburan kelapa parut agar semakin gurih. Tidak disangka, ternyata ibunya menyukai kue buatan anaknya. Si ibu, akhirnya memberikan nama kue tersebut "kalapun", seiring berjalannya waktu kini kue ini disebut klepon.





Dalam satu gelas es klepon unik, berisi potongan klepon yang biasanya kita makan lalu ditambahkan green tea cair. Walaupun klepon jajanan tradisional dan green tea tergolong minuman kekinian, tapi rasanya bisa nyatu dan unik banget. Lalu semakin istimewa dan seger, ada campuran es batu, susu cair, es cream dan buah Cherry, secara tampilan cakep banget deh.





Perpaduan rasa unik dan menarik





Minuman ini pas perpaduan antara manis, gurih, dan creamy. Selain es klepon green tea, ada juga lho es klepon unik yang nggak kalah populer, namanya es kopi klepon. Sesuai dengan namanya es kopi klepon terbuat dari campuran bubuk kopi. Kombinasi ini tentu menghasilkan rasa yang unik dan enak. Dengan manisnya klepon dan pahitnya kopi, hmm menarik ya.

Halaman:

Editor: Putri Dea Nabil Latifah - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X