Intip solo renyah, fried rice crust nya Indonesia yang manis, gurih, dan kriuk

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 08:00 WIB
retno.moto_20210802_15
retno.moto_20210802_15


Masyarakat Jawa pasti sudah familiar dengan intip kan? ets, ini bukan intip yang melihat sesuatu dari lubang kecil, ya. Tapi Intip Solo yang merupakan camilan khas yang terbuat dari kerak nasi yang berukuran besar yang diameternya bisa mencapai 30 cm. Bukan hanya di Solo, intip sekarang sudah banyak menyebar di seluruh wilayah Jawa. Termasuk di tempat ziarah sunan Kalijaga di Kadilangu Demak. Banyak penjual yang menjajakan Intip Solo ini sebagai buah tangan. Ternyata intip ini aslinya dari Solo Jawa Tengah lho, Kulinears.





Intip Solo dan proses pembuatan





Intip adalah sisa dari nasi Aron karena didiamkan nasinya menempel pada adonan yang menjadikan kering. Lalu intip digoreng sampai garing dan ditaburi lelehan gula.





Untuk buat Intip Solo, bahan utamanya nasi dan garam. Beras yang digunakan bisa jenis apa saja. Proses membuatnya masih sama seperti memasak nasi pada umumnya. Namanya proses Aron, yaitu nasi dimasukkan kedalam panci yang berisikan air, lalu dimasak.





Kemudian beras yang sudah dimasak dicetak dengan kendil atau panci tradisional. Cetak dengan menyesuaikan bentuk lapisan kendil. Setelah itu, proses selanjutnya yaitu memasak nasi dengan cara tradisional. Proses ini bisa menghabiskan waktu 30 menit sampai 1 jam.





-
intip khas Solo. Foto: Instagram





Tekstur intip yang kering dan keras tandanya sudah matang. Tapi, nasi belum bisa langsung dikeluarkan, lapisan bawahnya harus segera direndam ke dalam baskom yang berisi air dingin agar intip lebih mudah terlepas.

Halaman:

Editor: Putri Dea Nabil Latifah - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X