Getuk gondok legendaris khas Magelang, warna cantik dan nama unik

- Kamis, 5 Agustus 2021 | 18:00 WIB
inadsliem_20210805_0
inadsliem_20210805_0

Halo sahabat kulinear, selain kuliner lezat satu ini punya tampilan yang cantik dan menarik. Warnanya warna-warni bikin siapa yang melihat terpesona hehe. Namanya getuk gondok Magelang Jawa Tengah, bagi masyarakat sudah tidak asing dengan camilan getuk ya. Hampir diberbagai pulau Jawa punya sajian yang bernama getuk, tapi memiliki keunikan dan karakter tersendiri.

-
gethuk gondok. Foto: Instagram

Getuk gondok dan ciri khasnya

Sahabat kulinear, menurut sejarah getuk sudah ada sejak zaman penjajahan Jepang. Kalian mungkin sudah pernah mendengarnya ya, bahwa dulu beras yang menjadi makanan pokok masyarakat langka. Akhirnya, masyarakat Magelang mencari makanan alternatif, dan memilih singkong atau ketela pohon, karena banyak tumbuh di sekitar rumah warga. Agar masyarakat tidak bosan maka getuk diolah dengan cara dikukus, dihaluskan dan diberi gula pasir, gula merah dan parutan kelapa. Nah jadi deh, getuk yang kita kenal sekarang.

Berbeda dengan getuk yang lain, getuk gondok berlapis dengan warna yang lebih lembut. Tenang aja, getuk ini menggunakan pewarna yang aman untuk dikonsumsi kok. soal rasa jangan diragukan lagi, teskturnya lembut, rasanya gurih dan manis tentunya, kayak kamu hehe. Pantes ya, kalau jajanan ini banyak diburu oleh warga lokal maupun wisatawan.

Getuk yang terbuat dari singkong, bukan hanya kaya karbohidrat. Tapi, juga mengandung serat dan rendah kalori. Sehingga membuat kenyang lebih lama dan melancarkan pencernaan.
Nah, di Jawa tengah selain Magelang juga macam-macam getuk yang berbahan dasar singkong atau ketela pohon. Tentunya, kalian pasti tahu, karena getuk dari Jawa tengah ini cukup digemari dan populer, seperti getuk lindri, getuk goreng, getuk trio dan lainnya. Kalau kalian sudah pernah makan yang mana?

Proses pembuatannya

Untu membuat getuk gondok biasanya menggunakan singkong jenis trengganis atau klenteng. Memilih jenis ini karena singkong klenteng memiliki tekstur yang kenyal, rasa gurih, dan banyak tumbuh di wilayah Magelang. Proses pertama adalah mengukusnya terlebih dahulu, bisa memakan waktu sampai 2 jam lho.

Selanjutnya ditumbuk sampai halus, alat yang digunakan juga masih tradisional yaitu menggunakan lumpang kayu. Setelah itu, diberi gula pasir dan diaduk kembali. Bukan berhenti di situ saja, getuk gondok harus dihaluskan kembali menggunakan mesin serta dicampur dengan margarin. Selanjutnya adalah proses pewarnaan, biasa warna yang digunakan ada cokelat, merah dan hijau atau mau di variasikan dengan warna yang lain juga bisa kok.

Untuk ulasan kuliner inspiratif lainnya, yuk follow Kulinear (TCT)

Editor: Putri Dea Nabil Latifah - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X