Getuk bollen kombinasi jadul dan modern, getuk dibalut dengan kulit pastry

- Sabtu, 7 Agustus 2021 | 11:00 WIB
deliasefsan_sapri_20210806_6
deliasefsan_sapri_20210806_6


Sahabat kulinear, kalau dari kalian berasal dari Jawa, pasti tahu dong camilan getuk yang biasanya terbuat dari singkong. Getuk merupakan camilan tradisional yang sering kita jumpai di wilayah Jawa tengah. Bahkan, getuk sudah menjadi ikon kuliner bagi kota Magelang. Nah, di Magelang jenis getuk yang terkenal salah satunya adalah getuk gondok. Mempunyai citarasa gurih dan manis, dengan parutan kelapa atau gula merah diatasnya. Walaupun menggunakan bahan yang sederhana, tapi bagi kalian yang sedang merantau pasti terasa kangen kampung halaman kan?
Tapi tahukah kalian? seiring perkembangan kreatifitas manusia, jajanan yang tadinya tradisional bisa disulap menjadi makanan modern dan kekinian lho. Perpaduan resep tradisional dan modern ini menghasilkan camilan unik namanya getuk bollen.






https://www.instagram.com/p/qb0TEfB2hL/?utm_medium=share_sheet
getuk bollen. Foto: Instagram




Getuk bollen perpaduan tradisional dan modern





Sahabat kuliner, getuk bollen sebenarnya berasal dari 2 kata yang berbeda bukan?.
Kalau getuk merupakan makanan yang berasal dari Jawa tengah. Sedangkan bollen yang sering kita dengar merupakan roti khas Bandung. Bollen dijadikan oleh-oleh khas Bandung Jawa Barat.






Biasanya bollen berisi pisang, keju dan cokelat. Roti ini dipengaruhi oleh kue pastri dari Eropa. Bollen dikenal dengan teksturnya yang empuk
Getuk yang biasa kita jumpai dulu rasanya masih original dan tidak ada tambahan topping-topping atau variasi lainnya. Maka si pembuat pertama kali menu ini, punya ide untuk menggabungkan antara getuk dan bollen.






Biasanya getuk hanya dikukus dan dihaluskan saja. Tapi, si pencipta getuk bollen menggunakan teknik memanggang dengan oven layaknya membuat kue.
Awalnya belum banyak diterima oleh masyarakat, karena masih merasa asing dan aneh. Tapi, makin kesini banyak yang suka karena getuk bollen punya aneka rasa seperti rasa keju, cokelat, kacang, durian dan lainnya.





-
varian rasa. Foto: Instagram




Proses pembuatannya





Sekarang kita cari tahu yuk pembuatannya dan tentunya berbeda dengan membuat getuk yang jadul. Jadi, kok bisa sih makanan tradisional seperti getuk bisa dikombinasikan dengan roti, hmm gimana dengan rasanya ya?

Halaman:

Editor: Putri Dea Nabil Latifah - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X