Acar patin kuah kuning, kuah segar kombinasi asam pedas

- Kamis, 12 Agustus 2021 | 16:00 WIB
hotmarket72_20210811_10
hotmarket72_20210811_10

Halo, aku mau kasih tau yang seger-seger nih. Ets, jangan langsung tebak itu es atau minuman ya. Bukan, ini kuliner dari olahan ikan patin. Soal rasa seger banget, cocok disantap untuk menu harian keluarga, karena ada tambahan acar juga didalamnya. Tepatnya hidangan ini disebut acar patin kuah kuning. Tesktur dagingnya tebal dan empuk, dengan kuah warna kuning yang menggoda. Rasanya sudah pasti seger, karena kombinasi asem dan pedas, saat menyantapnya dijamin pengen nambah terus.

Acar patin kuah kuning

Sahabat Kulinear, walaupun memakai jenis ikan air tawar tapi aroma amisnya nggak keluar sama sekali lho. biasanya habitat asli ikan ini ada di sungai dalam dan besar. Hebatnya ikan ini juga bisa hidup di dalam perairan yang buruk. Ikan patin memiliki kandungan protein yang tinggi. Karena itulah, ikan patin di Indonesia banyak dibudidayakan di berbagai area tambak.

Umumnya olahan acar yang banyak tersebar di Nusantara terdiri dari sayuran seperti mentimun, wortel, bawang merah dan cabai rawit. Kemudian di awetkan atau direndam dengan air cuka asam.
Apalagi di sini ada campuran potongan wortel dan sayur kol, lengkap deh ada protein hewani yang berasal dari si ikan dan vitamin dari sayur-sayuran, mantul, kan?

Sajian spesial warga sumoroto

 

-
acar patin. Foto: Instagram

Bagi warga sumoroto Ponorogo Jawa timur, sajian sederhana tapi spesial ini biasanya disajikan ketika ada saudara atau kerabat datang berkunjung ke rumah. Walaupun kelihatannya, kuahnya banyak rempah-rempah tapi bahan yang digunakan cenderung simpel.

Bumbu dapurnya sudah pasti ada bawang putih dan merah, kemiri, merica, kunyit, daun salam, sereh. Bahan utamanya yaitu ikan patin, santan, wortel, sayur kol, dan mentimun. Biar ada sensasi rasa asam tambahkan juga cuka, tapi kalau mau yang lebih alami bisa dengan perasan jeruk nipis.

Untuk komposisi bumbunya harus lebih banyak ya. Kalau bumbu nggak seimbang dan kurang kuat, biasa membuat masakan hambar atau anyep kata orang Jawa. Bumbu kuning ini biasanya diolah bersama tahu, tempe, ikan atau ayam. Kunyit disini berfungsi penghilang bau amis ikan patin karena aromanya yang kuat.

Campuran lengkuas, sereh geprek, daun jeruk dan daun salam menambah aromatik dari masakan acar patin kuah kuning. Olahan acar dari sumoroto ini juara deh pokoknya. Bagi penggemar drama Korea pasti udah nggak asing dengan kimchi. Nah, kimchi ini merupakan jenis acar yang paling populer di dunia.

Untuk ulasan kuliner inspiratif lainnya, yuk follow Kulinear (TCT)

Halaman:

Editor: Putri Dea Nabil Latifah - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X