Cara membuat donat kentang untuk pemula, mudah dan praktis

- Jumat, 13 Agustus 2021 | 08:30 WIB
Ilustrasi donat kentang Foto: Doyan Resep
Ilustrasi donat kentang Foto: Doyan Resep


Cara membuat donat kentang, kalau kamu ingin memakan donat kentang yang enak dan nikmat kini tak selalu harus membeli terlebih dahulu. Kami tinggal membuatnya sendiri di rumah dan bisa ditambah-tambahkan sesuatu sesuai selera kamu.





Proses pembuatannya pun terbilang mudah dan bahan yang diperlukan cukup sederhana. Untuk kamu yang belum tahu cara serta bahan apa saja yang perlu kamu siapkan, artikel ini akan membahas cara membuat donat kentang serta 4 tips membuat adonan donat supaya lembut dan mengembang dengan bagus, dikutip dari Kompas, melalui buku “Seri Makanan Trendi untuk Usaha Boga-Donat Goreng dan Panggang” oleh Indriani terbitan Gramedia Pustaka Utama.





Tips mengolah adonan donat mengembang dengan bagus





-
Ilustrasi donat kentang Foto: Doyan Resep




- Aduk adonan hingga kalis





Pertama adalah disaat mengaduk adonan, upayakan mengaduk adonan donat hingga kalis. Mengapa demikian, karena agar donat memiliki tekstur yang lembut dan baik.





- Diamkan adonan donat sejenak





Proses selanjutnya diamkan sejenak adonan donat selama kurang lebih 20-45 menit. Istirahatkan hingga adonan mengembang dua kali lipat dari ukuran sebelumnya.





Kemudian pastikan untuk menyimpan adonan pada wadah yang ditutupi dengan lap basah. Proses ini disebut dengan proses proofing. Ditutupi lap basah bertujuan agar menghindari donat mengering


Halaman:

Editor: Perdana Bagaskara - Kulinear.ID

Tags

Terkini

X