Ulen ketan goreng renyah, hidangan wajib saat lebaran khas Sunda

- Jumat, 13 Agustus 2021 | 08:00 WIB
fitrianarena_20210812_5
fitrianarena_20210812_5


Halo sahabat kulinear, butuh referensi kuliner yang cocok buat nemenin ngobrol bareng gebetan? Dijamin deh suasananya akan semakin baik, hehe. Catat ya, kuliner ini namanya Ulen ketan goreng. Walaupun jajanan jadul, percaya deh rasanya nggak kalah sama kuliner modern. Ulen ketan goreng memiliki tekstur yang crunchy di luar dan lembut di bagian dalamnya.





Ulen ketan goreng khas Sunda





Temen-teman, Sunda atau Jawa barat terkenal karena mempunyai beragam kuliner yang lezat-lezat. Kalau hidangan Baratnya pasti kalian udah tahu, biasanya disajikan saat lebaran atau hari raya seperti Opor, Sayur labu Siam, Sambal goreng ati, dan ketupat.





Nah, kalau kudapan atau camilan yang harus ada dan wajib tersaji di atas meja saat lebaran, salah satunya adalah Ulen ketan goreng ini. Wah, jajanan sederhana ini cocok juga ya disajikan bersama menu populer lainnya.





Biasanya ulen ketan goreng lebih nikmat jika disantap bersama sambal oncom sebagai pelengkap. Ulen ketan atau uli ketan sudah jelas ya terbuat dari komponen beras ketan. Semakin gurih karena ada campuran kelapa parut. Cara membuatnya juga tidaklah sulit, kalian terlebih dahulu rendam beras ketan dan kukus sampai setengah matang.





Selanjutnya, tuangkan air matang aduk dan kukus kembali bersama daun pisang diatasnya. Setelah itu, Tumbuk bersama parutan kelapa dan garam. Lalu tempatkan adonan pada tampah dan potong-potong sesuai selera.

Halaman:

Editor: Putri Dea Nabil Latifah - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X