Apem gula merah khas Lampung kerap disajikan saat tahun baru Islam

- Jumat, 13 Agustus 2021 | 14:00 WIB
meibasuki_20210812_16
meibasuki_20210812_16


Halo teman-teman, pada kesempatan ini penulis akan kembali sajikan camilan yang manis-manis, kayak orang yang lagi baca tulisan ini hehe. Siapa sih yang nggak suka makanan manis, ets tapi tenang manis dari kue ini nggak over kok. Citarasa manis ini didapatkan dari bahan alami yang berasal dari gula merah. Jadi, buat kalian jangan terlalu suka menambahkan pemanis buatan pada makanan ya. Oh iya, lupa ngasih tahu namanya, kue ini adalah apem gula merah.





Apem gula merah lembut nikmat





Sahabat pecinta kuliner, apem atau apam merupakan camilan yang terbuat dari tepung beras, santan, telur, gula dan tape. Kemudian adonan dikukus atau dibakar.
Kalau kalian melihatnya sekilas sedikit mirip dengan serabi, hanya saja kalau serabi pinggirannya tipis, sedangkan apem teksturnya lebih tebal.






Sahabat kulinear apem juga ada beragam jenisnya. Nah, kalau apem Jawa biasanya disajikan untuk hajatan saat bulan suro atau Muharram. Warnanya putih, dengan taburan gula pasir dan kelapa parut yang dikukus.





-
apem khas Lampung. Foto: Instagram





Nah, beda lagi dengan apem yang akan kita bahas ini. Apem gula merah juga merupakan kue tradisional yang biasa disajikan saat tahun baru Islam. Diluar itu, kamu pun bisa menikmati sajian ini untuk pendamping ngeteh. Kudapan ini berwarna cokelat bukan dengan pewarna buatan ya, disini karena ada campuran gula merah. Ets, tapi apem ini bukan bolu kukus ya hanya mirip saja kok.






Sama dengan apem Jawa, apem gula merah juga terbuat dari tepung beras, santan, dan ragi. Nah, bedanya apem gula merah ada tambahan tepung terigu. Agar aromanya lebih harum tambahkan juga beberapa helai daun pandan. Cara memasaknya dengan dikukus. Apem adalah jajanan pasar yang banyak dijual di pasar-pasar tradisional dengan harga yang hemat.

Halaman:

Editor: Putri Dea Nabil Latifah - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X